PKPU Turun, KPU Kebut Sosialisasi

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU.id, CIANJUR – KPU Cianjur mengaku cukup lega atas turunnya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) untuk perhelatan pemilihan kepala dearah (Pilkada) Kabupaten Cianjur 2015.

Adapun isi PKPU antara lain mengatur, tahapan, tata kerja dan pemutakhiran data, serta daftar pemilih tertanggal 18 April 2015.

Begitupun, pilkada serentak yang sudah fix akan dihelat pada 9 Desember 2015 mendatang. Maka cukup banyak persiapan dan tahapan pilkada yang semestinya bisa dilakukan lebih awal.

Divisi Sosialisasi KPU Cianjur, Hilman Wahyudi mengatakan, dengan disahkannya ketiga PKPU tersebut, masih menyisakan tujuh PKPU lainnya yang menunggu untuk dibahas dan mendapatkan persetujuan dari Panitia Kerja (Panja) Komisi II DPR RI.


“Hal pertama yang kami lakukan adalah menurunkan PKPU itu ke dalam aturan-aturan terapan di KPU Cianjur. Misalnya aturan tahapan, kapan mulainya pembukaan pendaftaran panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS), hingga hari H pencoblosan. Kami mengatur itu dalam SK (surat keputusan,red) yang nanti akan disosialisasikan,” ujar Hilman, Minggu (19/4).

Hilman menjelaskan, SK itu sendiri telah disiapkan oleh KPU Cianjur dan tinggal disosialisasikan ke camat di 32 kecamatan. KPU Cianjur sendiri, akan lebih fokus ke sosialisasi tahapan pilkada.

“Pokoknya dalam seminggu ini, kami fokus dulu ke sosialisasi tahapan. Bicara dulu terkait aturan teknis. Soal waktu, tentu tidak akan terlalu jauh berbeda dari PKPU,” jelas dia.

Sosialisasi kepada para camat itu pun, lanjut Hilman, akan dilakukan hari ini, Senin (20/4) di Kantor KPU Cianjur. Untuk sosialisasi dan pembentukan PPK, PPS dan lainnya, KPU Cianjur menetapkan waktu dari tanggal 19 April hingga 18 Mei mendatang. “Minggu ini fokus sosialisasi, minggu depan penerimaan berkas,” lanjut Hilman.

Terpisah, Divisi Hukum KPU Cianjur, Selly Nurdinah menjelaskan, bahwa dengan turunnya tiga PKPU tersebut menjadi dasar hukum yang berketatapan bagi pihaknya untuk mulai mempersiapkan seluruh tahapan pilkada serentak 2015.

“Ini tahapan persiapan. Draf yang tiga ini sudah bisa ditetapkan dan harus segera disosialisasikan. Ini yang menjadi dasar hukum bagi KPU. Selama ini juga kami masih terus berkomunikasi dengan pemerintah derah,” ujar Selly.

Karena sudah memasuki tahapan awal pilkada, Selly mengakui pihaknya memang sudah membutuhkan anggaran untuk melakukan itu. Sedangkan untuk anggaran pilkada Kabupaten Cianjur 2015, pihaknya mengaku sudah kelar menyusunnya.(ruh/dep)