Hadapi Adipura, Baliho Balonbup Dibredel

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, CIANJUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Cianjur dalam hal ini Bupati Cianjur Tjetjep Muhctar Soleh telah memerintahkan tim penilaian Adipura untuk menertibkan atau menurunkan baliho komersil atau spek iklan di wilayah Cianjur Kota.

“Sebenarnya intruksi dari Pak Bupati sudah tiga bulan lalu, tapi baru dilaksanakan, karena mengingat masih ada baliho komersil yang izinnya masih ada,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Cianjur, M. Yeyen Rochanda ketika dihubungi melalui telepon selulernya.

Menurut M Yeyen, penurunan baliho komersil atau spek iklan semua dilaksanakan. Tak terkecuali dengan baliho politik. Baik baliho bakal calon bupati Cianjur Herman Suherman, bakal calon bupati Suranto dan lainnya. “Ini sesuai intruksi Pak Bupati, semua baliho atau alat peraga lainnya harus diturunkan, karena saat ini sedang dilaksanakan penilaian Adipura,” tegasnya.

Yeyen menjelaskan, saat ini Pemkab Cianjur sudah membuat surat edaran tentang zona reklame iklan atau baliho yang di pasang di wilayah Cianjur. Hal ini dilakukan, agar pemasangan baliho tidak sembarangan tempat dan sesuai dengan ketentuan yang ada. “Kita ingin Cianjur tertata rapi, tidak sembarang memasang baliho ditempat yang tidak ditentukan,” tuturnya.


Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Cianjur, Dadan Wildan memaparkan, penertiban alat peraga kampanye dilakukan berdasarkan perintah tim Adipura. Perintah tersebut dilakukan terkait dengan adanya penilaian Adipura yang akan berlangsung.”Kami hanya melaksanakan saja, ini perintah dari tim, terutama dari Dinas Kebersihan,” imbuhnya.(den/dep)