Empat Kades Dijabat Pjs

calon pilkada kabupaten bandung calon walikota pilwalkot
Ilustrasi

calon kepala daerah pilkada

POJOKSATU.id, CIANJUR – Empat kepala desa di wilayah Kecamatan Cugenang hingga saat ini masih dijabat oleh pejabat sementara (Pjs). Belum ada informasi, kapan proses pemilihan keempat kepala desa akan dilaksanakan.

Kasie Tata Pemerintahan Kecamatan Cugenang Aep Hendrasyah menjelaskan, untuk sementara jabatan kepala desa di Desa Galudra, Desa Wangunjaya, Desa Sukajaya, dan Desa Nyalindung, dijabat oleh Pjs, sebelum adanya proses pemilihan kepala desa.

“Penunjukan Pjs kades sudah sesuai dengan UU tentang Desa, yakni Pjs harus dilaksanakan oleh PNS aktif. Penunjukan sendiri atas penialaian camat yang melihat dari kredibilitas dan kualitas PNS itu sendiri,” jelasnya.


Menurutnya, memiliki tugas rangkap jabatan diperlukan sebuah perhitungan dan rencana yang matang. Jangan sampai tugas sebagai Pjs dan sebagai PNS terbengkalai. “Hari Senin-Rabu saya bertugas di kecamatan, hari Kamis-Jumat di desa. Saya mengoptimalkan kinerja dengan cara menjalin komunikasi yang baik dengan staf di kecamatan dan desa,” tuturnya.

Ditambahkannya, pelaksanaan pilkades ada kemungkinan dilaksanakan pada tahun depan. Mengingat pada tahun ini akan dilaksanakan pilkada. Oleh karenanya, warga harus bersabar untuk melaksanakan pilkades hingga memiliki kades definitif. “Sesuai dengan UU desa dan SK, saya akan menjadi menjabat Pjs kades maksimal 1 tahun.
Jika nanti lebih dari 1 tahun menjabat dan belum dilaksanakan pilkades, maka akan diajukan kembali ke bupati,” ungkapnya.(fhn/dep)