FKDM Sayangkan Ulah Oknum Pendaki

Sampah di Gunung Gede Pangrango
Sampah di Gunung Gede Pangrango
Sampah di Gunung Gede Pangrango

POJOKSATU.id, CIANJUR – Kesadaran para pendaki Gunung Gede Pangrango masih minim. Kondisi ini sangat disayangkan sejumlah pihak, karena bisa merusak lingkungan hingga menyebabkan bencana.

Wakil Ketua Forum Kesiapsiagaan Dini Masyarakat (FKDM) Desa Cimacan Usep mengaku, sangat menyayangkan ulah oknum para pendaki Gunung Gede yang membuang sampah seenaknya di areal hutan konservasi TNGGP.

“Seharusnya mereka membawa sampah sisa makanan atau minuman mereka, dan membuangnya sendiri tidak di tempat terbuka yakni tempat pembuangan sampah yang sudah tersedia di areal Kawasan Wisata Cibodas,” terangnya.

Menurutnya, sampah plastik yang tidak mudah hancur dikhawatirkan akan merusak lingkungan. Apalagi membuang sampah ke sungai kecil.


“Jika sampah tersebut menyumbat aliran sungai, bisa mengakibatkan bencana dan masyarakat yang menjadi korban,” tuturnya.

Dijelaskannya, jumlah pendaki pada 3 April lalu mencapai 3.000 orang, jumlah tersebut menunjukan masih banyaknya pendaki yang datang ke TNGGP.

“Ini jelas berpotensi terjadinya pencemaran lingkungan. Kami khawatir dengan ulah pendaki nakal bisa merusak alam,” tandasnya.(fhn/dep)