SMAN 2 Cianjur Bakal Dipindah ke Daerah Ini

SMAN 2 Cianjur

sman 2 cianjur

POJOKSATU.id CIANJUR- Rencana pemindahan lokasi SMAN 2 Cianjur ke wilayah Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur, oleh Pemkab Cianjur menuai protes dan perhatian dari sejumlah pihak.

Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur, Heri Sundana mengaku, pihaknya sangat tidak setuju apabila lokasi SMAN 2 Cianjur dipindahkan. Pasalnya, SMAN 2 Cianjur merupakan salah satu sekolah favorit di Cianjur, dan dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap jumlah peminat.

“Jika SMANDA ini jadi dipindahkan maka jumlah peminat akan berkurang. Tak hanya itu, jika seandainya lokasi SMANDA ini dipindahkan serta harus menyewa lahan milik orang lain, misalkan dalam jangka waktu setahun. Maka secara otomatis harus pindah lagi dan mencari lahan yang kosong untuk disewa,“ katanya.


Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Jumiati menjelaskan, mengenai pembebasan lahan sekolah, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk mencari solusi terbaik.

Dalam koordinasi tersebut, pihak Pemerintah Kabupaten Cianjur telah memutuskan bahwa lokasi SMAN 2 Cianjur akan dipindahkan ke daerah Limbangansari, dengan meminta kebijaksanaan waktu yakni 2 hingga 3 tahun.

“Kami telah membahas permasalahan ini kepada pihak pemkab. Dalam hal ini Bupati Cianjur dengan memutuskan, bahwa lokasinya di daerah Desa Limbangansari dengan menyewa lahan milik desa, dengan anggaran dari Pemerintah Kabupaten Cianjur,“ jelasnya.

Menurutnya, daerah Limbangansari merupakan daerah yang jauh dari bising suara kendaraan, sehingga para siswa bisa lebih kondusif dalam belajar. “ Ini semua juga dilakukan untuk siswa, karena jika lokasinya dipusat pertengahan, maka aktivitas belajar siswa akan terganggu akibat suara bising kendaraan bermotor maupun kendaraan mobil,“ ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cianjur, Sapturo menambahkan, pihaknya mendesak Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk segera membenahi tanah untuk SMANDA yang saat ini carik Desa Limbangansari menjadi tanah milik sendiri.

“Komisi IV sudah mengadakan rapat konsultasi dengan Disdik maupun Pemkab Cianjur. Tujuannya agar Desa Limbangansari tidak dirugikan. Oleh karena itu, pemkab harus segera merelokasi tanah untuk pembangunan tahap satu SMANDA dianggarkan dari APBD Cianjur tahun 2015, sebesar Rp14 milyar melalui Dinas Tarkim,“ ungkapnya.(riz/dep)