Categories: BogorPolitik

Pemkab Bogor Cari Cara Agar DOB Bogor Barat Jadi Prioritas

POJOKBOGOR.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor semakin bulat untuk membentuk Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bogor Barat.

Terbaru, Pemkab Bogor berdiskusi dengan PT. Citra Bintang Mataram, yang merupakan Konsultan Penataan Daerah Otonomi Baru, atas rekomendasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kamis (21/11/2019).

Menyiapkan anggaran sebesar 40 miliar untuk pembebasan lahan untuk calon ibu kota Bogor Barat dalam Rancangan APBD 2020, hingga pemutakhiran dan revisi data administrasi, adalah dua langkah yang kini tengah digalakkan, demi mewujudkan DOB Bogor Barat.

Sekretaris Daerah(Sekda)

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin./Foto: Rishad

Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan, secara umum pertemuan tersebut membahas soal aspek kewilayahan, meliputi potensi wilayah hingga Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bahkan, pertemuan itu juga sempat membahas DOB Bogor Timur.

“Mereka adalah konsultan berpengalaman, yang direkrut Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengecek kekurangan administrasi kita,” kata Burhan.

Menurut Burhan, secara garis besar pertemuan tersebut berlangsung baik. Bahkan konsultan asal Yogyakarta itu, sempat memberikan penilaian positif, atas apa yang sudah dilakukan Pemkab Bogor.

Meski begitu, pihak konsultan juga sempat memberikan sejumlah arahan, terkait apa-apa yang mesti dilengkapi dan diperbaharui. Seperti data kependudukan dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah semuanya lancar. Garis besarnya sampai hari ini, konsultan positif dalam melihat persiapan kita. Apa yang sudah, sedang dan akan kita lakukan terkait kekurangannya tentu akan kita lengkapi. Mereka juga akan membuatkan rekomendasi kepada Pak Gubernur dan semoga kita menjadi prioritas di Jawa Barat khususnya,” kata dia.

Meski moratorium DOB belum dicabut pemerintah pusat, Burhan tetap ngotot ingin menyiapkan semuanya, sambil menunggu kapan moratorium itu dicabut.

Saat disinggung soal langkah ke depannya, Burhan mengaku akan memantapkan kajian dengan pihak DPRD terkait pembebasan lahan calon ibu kota Bogor Barat.

“Meski moratorium tetap kita juga sambil melengkapi. Sehingga nanti, kalau moratorium dicabut, tidak ada alasan persyaratan kita kurang atau alasan lainnya,” katanya.

Pihaknya mengaku, bahwa tentu banyak yang harus pihaknya lakukan.

“Yang terdekat ini kami akan memantapkan rapat dengan DPRD terkait pembebasan lahan untuk ibu kota,” tegasnya.

Sementara itu, Tim Teknis Konsultan Penataan Daerah Otonomi Baru, PT. Citra Bintang Mataram, Dwi Huntoro menilai, jika mengacu pada aspek urgensi, DOB Bogor Barat dinilai memang layak dan sudah masuk salah satu Amanat Presiden.

“Kalau melihat dari jumlah penduduk dan luas wilayah tentu ini sangat urgen dan layak diprioritaskan,” kata dia.

(cek/pojokbogor)

Siti Maryam @@MaryamMaci

Editor (Redaksi)

Share
Published by
Siti Maryam @@MaryamMaci
Tags: Berita Bogor Hari IniDOB Kabupaten Bogor BaratKabupaten BogorPemkab bogorPT. Citra Bintang Mataram

Recent Posts

  • Bandung

Libur Natal dan Tahun Baru, Polda Jabar Imbau Pemudik

Polda Jabar terus menyiapkan pengamanan menjelang natal dan tahun baru (nataru). Ditlantas Polda Jabar melakukan persiapan dengan pemantauan di jalan…

12 Desember 2019 14:44 WIB 14:44
  • Bekasi

Induk Lutung Jawa Muaragembong Mati Kelaparan, Habitatnya Terancam

POJOKJABAR.com, BEKASI - Populasi Lutung Jawa di Kampung Muarabendera, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong terus terancam. Saat ini jumlahnya tidak…

12 Desember 2019 14:38 WIB 14:38
  • Bogor

STIE Kesatuan Bogor Berubah Nama Menjadi IBIK

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kota Bogor melakukan perubahan nama atau branding. Dimana STIE yang berada di Ja bernama Institute…

12 Desember 2019 14:34 WIB 14:34
  • Depok

Cijago Tawar Murah Tanah di Kelurahan Krukut, 444 Pemilik Lahan Menolak

Ratusan pemilik lahan di Kelurahan Krukut, Limo Kota Depok sepakat menolak harga yang ditawarkan appraisal Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

12 Desember 2019 14:30 WIB 14:30
  • Bandung

Fraksi PKS DPRD Jabar Siap Bawa Aspirasi Warga Kota Bandung Saat Reses

Dalam aspirasi yang didengar saat reses oleh Anggota DPRD Jabar daerah pemilihan Kota Bandung dan Kota Cimahi, Haru Suandharu, bahwa…

12 Desember 2019 13:57 WIB 13:57
  • Bandung

Revitalisasi Stadion Sangkuriang Kota Cimahi Terancam Gagal

Revitalisasi stadion Sangkuriang terancam gagal dilaksanakan tahun depan.

12 Desember 2019 13:35 WIB 13:35