Categories: Bogor

Alinea: Perempuan Jangan Hanya Dekat dengan Dapur, Sumur dan Kasur

POJOKBOGOR.com – Aliansi Peduli Perempuan Indonesia (Alinea) resmi berdiri, Kamis (21/11/2019). Gerakan ini terdiri dari kaum perempuan lintas organisasi dan profesi se-Kabupaten Bogor yang fokus pada pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang.

Launching dilakukan bersamaan dengan diskusi media bertajuk Peran Perempuan dalam Pembangunan di Kabupaten Bogor.

Sejumlah narasumber dihadirkan seperti Bupati Bogor Ade Yasin, Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni, Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Sutisna, Ketua Alinea Farida Laela dan Akademisi Rita Rahmawati.

Ketua Alinea, Farida Laela tak memungkiri kaum perempuan, termasuk di Bogor, masih dibebani dengan stigma negatif.

“Selama ini kaum perempuan disubordinasikan, dianggap makhluk nomor dua, itu tak lepas dari konstruksi pikiran di masyarakat. Perempuan hanya dikaitkan dengan dapur, sumur dan kasur,” katanya.

Baginya, kondisi itu membuat kaum perempuan sulit berkembang. Maka, Alinea hadir untuk menghapus stigma negatif tersebut dan mendorong kaum perempuan berani mengekspresikan diri di ruang-ruang publik.

“Ke depannya kita ingin mengakomodir, memberdayakan kaum perempuan. Karena perempuan yang berkiprah di ranah publik pun bisa berprestasi. Apalagi terus diberikan pemahamanan,” katanya.

Bupati Bogor Ade Yasin berharap, Alinea bisa ikut berkiprah dalam pembangunan Kabupaten Bogor. Khususnya, membantu pemerintah daerah memberdayakan kaum perempuan.

Launching Alinea Kabupaten Bogor, Kamis (21/11/2019)./Foto: Rishad

 

“Perempuan sangat membantu dalam pembangunan Kabupaten Bogor, ada PKK, posyandu, ibu-ibu majlis taklim hingga di posisi-posisi strategis. Alinea harus disupport, bagaimana perempuan harus berani berekspresi, harus fokus,” pesan Ade Yasin.

Bicara program, Ade Yasin mengaku menaruh perhatian lebih pada upaya pemberdayaan perempuan. Pelatihan-pelatihan untuk perempuan terus digenjot agar mereka berani berekspresi.

“Perempauan juga harus mengubah mindset. Jangan menunggu diberi jabatan, semua harus diperjuangkan. Sudah saatnya perempuan bangkit,” tegasnya.

Launching Alinea Kabupaten Bogor, Kamis (21/11/2019)./Foto: Rishad

 

Sementara Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengatakan, Alinea juga berperan penting dalam menumbuhkan pemahaman politik kaum perempuan.

KPU akan menggandeng Alinea menjadi mitra untuk memberikan pendidikan politik berkelanjutan di Kabupaten Bogor.

“Nantinya akan disinergikan dengan program KPU, karena kita juga ada program sekolah politik perempuan. Kita ingin perempuan bukan hanya jadi pelengkap di politik, tapi aktif dan sadar politik,” katanya.

Launching Alinea Kabupaten Bogor, Kamis (21/11/2019)./Foto: Rishad

(cek/pojokbogor)

Siti Maryam @@MaryamMaci

Editor (Redaksi)

Share
Published by
Siti Maryam @@MaryamMaci
Tags: Ade YasinAliansi Peduli Perempuan Indonesia (Alinea)Alinea Kabupaten BogorBerita Bogor Hari IniKabupaten Bogor

Recent Posts

  • Sukabumi

Konsleting Listrik, Rumah di Jampangkulon Hangus Terbakar

Memasuki, musim penghujan tak membuat kasus kebakaran hilang begitu saja. Buktinya, satu rumah di Kampung Neglamekar, Rt (7/5), Desa Tanjung,

12 Desember 2019 15:11 WIB 15:11
  • Bandung

Kapolda Jabar Dapat Penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama dari Kapolri

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi di anugerahi tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama.

12 Desember 2019 15:07 WIB 15:07
  • Priangan

Nenek Walsiah yang Hilang di Gunung Pasir Sumedang Ditemukan Meninggal Dunia

Tim Basarnas Kantor SAR Bandung berhasil menemukan seorang nenek usia 65 tahun atas nama Walsiah, yang hilang di gunung pasir…

12 Desember 2019 15:04 WIB 15:04
  • Bandung

Libur Natal dan Tahun Baru, Polda Jabar Imbau Pemudik

Polda Jabar terus menyiapkan pengamanan menjelang natal dan tahun baru (nataru). Ditlantas Polda Jabar melakukan persiapan dengan pemantauan di jalan…

12 Desember 2019 14:44 WIB 14:44
  • Bekasi

Induk Lutung Jawa Muaragembong Mati Kelaparan, Habitatnya Terancam

POJOKJABAR.com, BEKASI - Populasi Lutung Jawa di Kampung Muarabendera, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong terus terancam. Saat ini jumlahnya tidak…

12 Desember 2019 14:38 WIB 14:38
  • Bogor

STIE Kesatuan Bogor Berubah Nama Menjadi IBIK

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kota Bogor melakukan perubahan nama atau branding. Dimana STIE yang berada di Ja bernama Institute…

12 Desember 2019 14:34 WIB 14:34