Categories: Bogor

Siap-siap, Grha Tiyasa MPP Milik DPMPTSP Kota Bogor Bakal Beroperasi, Catat Waktunya

POJOKBOGOR.com– Sebagai implementasi dari Bogor Berlari hasil  canangan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto pada tahun 2019 ini, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor sedang memproses penyelesaian pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) sebagai salah satu inovasi dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik.

Untuk diketahui, bahwa pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) merupakan implementasi Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) nomor 23 tahun 2017. Kehadiran MPP diharapkan menjadi wadah bagi seluruh instansi pelayanan publik yang ada dalam satu lokasi.

Kota Bogor akan menjadi daerah pertama di Jawa Barat yang akan mewujudkan MPP. Proses panjang sudah dilakukan oleh DPMPTSP dalam mewujudkan MPP tersebut. Sejak awal 2018, inisiasi sudah dilakukan dengan mengusulkan anggaran dalam APBD 2019.

Pada pertengahan 2018, DPMPTSP di bawah kepemimpinan Denny Mulyadi melakukan roadshow ke instansi-instansi pelayanan publik yang ada di Kota Bogor untuk mendapat dukungan para pimpinan instansi dalam membangun MPP.

Bak gayung bersambut, semangat yang sama ditunjukkan juga oleh Wali Kota Bogor Bima Arya untuk mendukung MPP, yaitu dengan menandatangani komitmen penyelenggaraan MPP bersama Menteri PANRB pada 27 Maret 2019 silam.

Walkot Bogor Bima Arya bersama sejumlah pejabat Pemkot saat berada di Mal Pelayanan Publik, Selasa (25/6/2019)./Foto: Adi

 

Sebagai tindak lanjut, Wali Kota menandatangani nota kesepahaman dengan 14 instansi layanan publik di Kota Bogor. Saat ini, sudah memasuki tahapan penandatangan perjanjian kerjasama secara teknis.

Pada kesempatan terpisah, Wali Kota Bima Arya memberi nama MPP Kota Bogor dengan sebutan Grha Tiyasa yang artinya tempat serba bisa. Secara filosofi, nama tersebut diambil dari bahasa Sansekerta Tiyasa artinya Luar biasa. TIYASA bisa juga dijadikan akronim adminisTrasI dan pelaYAnan Satu Atap.

“Diharapkan bisa menjadi nafas para karyawan yang bertugas di MPP dengan memberikan pelayanan luar biasa, semangat luar biasa, dan memberikan kepuasan luar biasa kepada warga dalam mengurus kebutuhan administrasi dan lain sebagainya sehingga warga bahagia”, tegas Bima.

Sejumlah pejabat Pemkot Bogor berada di Mal Pelayanan Publik./Foto: Adi

 

Lebih jauh, MPP dilengkapi dengan logo yang terdiri dari Pilar-pilar yang melambangkan berbagai instansi yang tergabung dalam layanan publik. Kemudian Kotak dibawah pilar yang melambangkan wadah atau ruang yang merangkul berbagai instansi dalam satu tempat. Selain itu, terdapat tulisan MPP berwarna emas yang menyimbolkan semangat memberikan layanan terbaik.

Saat dtemui di lokasi MPP, Kepala DPMPTSP Kota Bogor menyampaikan bahwa tahapan pembangunan secara fisik sudah hampir tuntas. “Kami berharap, awal Juli sudah siap untuk opersional. Kami akan lakukan simulasi dan uji coba layanan terlebih dahulu”, ujar Denny.

Walkot Bogor Bima Arya bersama sejumlah pejabat Pemkot saat berada di Mal Pelayanan Publik, Selasa (25/6/2019)./Foto: Adi

 

Lebih lanjut, Denny menyampaikan bahwa saat ini adalah tahapan persiapan akhir yang terdiri dari kelengkapan sarana prasarana, sistem IT, dan rekrutmen SDM untuk costumer service.

Berdasarkan rencana, MPP Kota Bogor akan diresmikan oleh Presiden RI pada akhir Juli 2019, hal tersebut diungkap Denny setelah melaporkan progress pelaksanaan MPP kepada Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB pada pekan lalu.

(Adi/pojokbogor)

Maryam

Share
Published by
Maryam
Tags: Berita Bogor Hari IniDPMPTSP Kota BogorKota BogorMal Pelayanan Publik (MPP)TIYASA

Recent Posts

  • Bandung
  • Berita Menarik

Artis Zulfikar ‘Preman Pensiun’ Ditangkap Polisi Bandung

Berita penangkapan artis Zulfikar alias Jamal oleh Polrestabes Bandung membuat heboh Grup WhatsApp lulusan pemain sinetron 'Preman Pensiun'.

21 Juli 2019 06:53 WIB 06:53
  • Pantura

Umat Islam Karawang Akan Gelar Salat Istisqa Minta Hujan di Lapangan Pemda

Umat Islam Karawang berencana menggelar sholat istisqo meminta turun hujan di lapangan area Pemda Karawang, Minggu (21/7/2019) usai salat zuhur.

21 Juli 2019 06:23 WIB 06:23
  • Pantura

Pengurus Ikatan Wartawan Online Karawang Dilantik Agustus

Pengurus daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Karawang periode 2019-2024 akan dilantik Jumat (16/8/2019) mendatang.

20 Juli 2019 23:09 WIB 23:09
  • Bekasi

Pasien RSUD Ditemukan Tak Bernyawa Kali Bekasi

Peristiwa

20 Juli 2019 22:56 WIB 22:56
  • Pantura

Supir Ngerem Mendadak, Grand Max Diseruduk Trailer, 4 Terluka

Kecelakaan terjadi di Jalan Raya Interchange Karawang Barat, Purwadana, Telukjambe Timur, melibatkan 3 mobil. Laka lantas akibat Daihatsu Grand Max…

20 Juli 2019 21:53 WIB 21:53
  • Bogor

Kawasan Puncak Bogor Alami Suhu Dingin Tak Biasa

Sebagian warga Puncak Bogor merasakan suhu dingin tak biasa. Suhu sangat dingin ini dibandingkan warga dengan kondisi suhu bulan-bulan sebelumnya.

20 Juli 2019 21:44 WIB 21:44