Dibantu Kemendagri, DLLAJ Kabupaten Bogor Bikin Angkutan Rintisan di Bogor Timur

ilustrasi

POJOKJABAR.com, BOGOR – Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kabupaten Bogor akan mengadakan angkutan perintis, untuk melayani daerah yang belum tersentuh jasa transportasi. Pasalnya saat ini masih banyaknya daerah pedesaan yang tidak terjangkau sarana transportasi umum terutama di wilayah Bogor Timur

Menurut Kepala Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kabupaten Bogor, Soebiantoro W pihaknya akan membuat sarana transportasi perdesaan dalam bentuk mobil angkutan. Sarana transportasi itu merupakan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Dalam Negeri.

“Kami masih menunggu kepastian berapa besarnya anggaran DAK Kemendagri, untuk sarana transportasi perdesaan. Karena saat ini DLLAJ masih mengkaji kebutuhan masyarakat, apakah kendaraan itu bis, angkutan kota (angkot) atau mini bus yang biasa digunakan travel,”kata Bibin, panggilan akrab Soebiantoro.

Dikatakan Bibin, di Kabupaten Bogor ada beberapa wilayah yang belum tersentuh jasa transportasi seperti di wilayah timur. Di wilayah ini transportasi baik itu yang berplat kuning ataupun hitam terbilang jarang. Sehingga anak sekolah harus berjalan kaki, hingga berkilo-kilo meter hanya untuk pergi ke sekolah


“Ini merupakan salah satu perintis, dan angkutan tersebut akan berplat merah. Karna nantinya jasa transportasi ini akan dikelola pemerintah kabupaten. Kami berharap dengan dirangsangnya angkutan perintis ini, dapat menarik pihak swasta yang ingin berinvestasi di bidang ini,”pungkas Bibin.

(rim/pj)