Seribu Pekerja di Bogor Mulai Kena PHK

phk buruh
Ilustrasi PHK

POJOKJABAR.com, BOGOR – Gelombang PHK massal kini telah menyentuh bumi tegar beriman (Kab Bogor). Tak ayal, kondisi ini membuat angka pengangguran kian membengkak. Di Kota Bogor saja, kini tercatat 1.005 warga dipastikan kehilangan pekerjaannya.

Data Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Bogor menyebutkan, mengawali tahun 2016, PT Idola Sakti Jaya dinyatakan tutup. Perusahaan yang bergerak di bidang keramik itu terpaksa merumahkan 200 karyawannya.

“Saya mendapatkan informasi langsung dari serikat pekerja, kemungkinan meski perusahaan itu tutup, bakal ada investor baru yang akan masuk,” ujar Kabid Pengawas Ketenagakerjaan pada Dinsosnakertrans Kabupaten Bogor, Zaki Budiman kepada Radar Bogor.

Meski sudah tutup, pihaknya belum menerima laporan resmi dari perusahaan yang berbisnis di kawasan Kelapanunggal, Kecamatan Kelapanunggal,  Kabupaten Bogor itu.


“Tetapi kita belum menerima laporan resmi. Padahal perusahaan berkewajiban melapor,” tukasnya.

Dia mengaku kesulitan mengambil data perusahaan yang terancam tutup dan hampir gulung tikar, lantaran banyak perusahaan yang enggan melapor. Namun berdasarkan data tahun 2015, sudah ada 20 perusahaan yang dinyatakan tidak beroperasi lagi alias bangkrut.