PIN di Kabupaten Bogor Targetkan 9.000 Jiwa Diimunisasi Polio

imunisasi polio
SERIUS: Perencanaan PIN terus dimatangkan, Selasa (09/02/2016). FOTO : Andika / Radar Bogor .

POJOKJABAR.com, BOGOR – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Tingkat Kecamatan Jasinga siap dilaksanakan. Selasa (9/2/2016), seluruh stakeholder seperti tingkat Kecamatan dan UPT Puskesmas membahas hal tersebut di aula kantor UPT.

Kepala UPT Puskesmas Jasinga, Anang Sujana menyampaikan, rapat koordinasi tersebut membahas persiapan serta teknis pelaksanaan PIN nanti.

UPT Puskesmas Jasinga memiliki target 9000 lebih anak Jasinga mendapatkan pelayan kesehatan polio.

“ Polio adalah sejenis penyakit paralisis atau lumpuh yang disebabkan oleh virus. Agen pembawa penyakit ini sebuah virus yang dinamakan poliovirus (PV), masuk kedalam tubuh melalui mulut, menginfeksi saluran usus. Virus ini dapat memasuki aliran darah dan mengalir ke system saraf pusat menyebabkan lemahnya otot dan kadang kelumpuhan (paraliasis),” urai Anang pada Radar Bogor, Selasa (09/02/2016).


Untuk itu, 94 tenaga dari Puskesmas akan disebar di 16 desa yang ada di Kecamatan Jasinga. Desa Kalong sawah, jadi desa yang paling banyak jumlah sasarannya dengan 1074 sasaran.

“ Kita akan lakukan pemberian Imunisasi pada usia balita. Survailance acute flaccid paralysis atau penemuan penderita yang dicurigai lumpuh layuh pada usia dibawah 15 tahun juga jadi prioritas kami. Selain itu mereka juga harus diperiksa tinjanya, karena dari situlah diagnosa bisa diketahui,” tandasnya.

(dka/ radar bogor )