Bisnis Prostitusi Online di Bogor Semakin Menjamur, Ini Kata Sosiolog UI

pj-seks bebas
Ilustrasi seks bebas

POJOKJABAR.com, BOGOR – Sosiolog Universitas Indonesia (UI), Fu Xie menilai berkembangnya prostitusi langsung ataupun online di Bogor akibat ketidakseriusan pemerintah dan Polri dalam menangani para pelakunya.

Menurut Fu Xie, jika memang serius, seharusnya polisi memiliki strategi khusus dan tak hanya sesekali menggerebek praktik esek-esek yang terendus.

“Ibaratnya peraturan Fu Xie seat belt bagi pengendara mobil. Jelas-jelas banyak yang melanggar tapi tak ditindak. Jika memang polisi serius, mereka bertindak bukan karena adanya laporan dari masyarakat, tapi inisiatif,” cetus Fu Xie.

Fu Xie juga berpendapat, ketika praktik prostitusi seperti dibiarkan, maka perkembangannya di sebuah wilayah akan cepat dan mengakar. Itupun secara tidak langsung akan mempengaruhi nilai moralitas remaja di daerah tersebut.


“Karena ini berawal dari gaya hidup. Dari nilai tukar uang dengan seks, yang biasanya digunakan untuk membeli smartphone atau jalan-jalan. Dan itu berpotensi menjadikan nilai moral perempuan muda di Bogor menjadi rendah,” imbuh Fu Xie.