Kota Pusaka Hanya Sebatas Nama

kota pusaka
DIPERCANTIK: Bilangan Suryakancana yang menjadi salah satu spot kawasan Kota Pusaka di Kota Hujan, terus dipercantik Pemkot Bogor. FOTO : Sofyansyah / Radar Bogor .

POJOKJABAR.com, BOGOR – Konsistensi Pemkot menjaga status Kota Pusaka kini mulai dipertanyakan. Hingga sekarang, belum banyak yang dilakukan.

Bahkan, pembentukan peraturan daerah (Perda) untuk melindungi bangunan cagar budaya (BCB) Kota Hujan masih sebatas rancangan.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Budparekraf) Kota Bogor Shahlan Rasidi membenarkan hal itu. Menurutnya, sejauh ini pemeliharaan BCB masih menjadi tanggung jawab masing-masing pemilik bangunan.

“Perda BCB belum ada. Masih rancangan,” kata Shahlan kepada Radar Bogor.


Karenanya dia mengimbau kepada warga pemilik bangunan BCB untuk tidak melakukan pemugaran. Sementara bangunan yang bukan milik pribadi, semisal masjid dan vihara, ia memastikan pemkot bakal membantu biaya pemeliharaan.

“Kita berharap Perda ini segera beres. Sebab, banyak hal yang bisa kita lakukan nanti, termasuk anggaran. Misalnya, pemilik atau pengurus BCB mengajukan proposal pemeliharaan, pasti akan dibantu,” jelasnya.