Gawat! Bogor Darurat Sampah Visual

papan reklame yang menjorok ke jalan
MENJOROK: Reklame yang menjorok di Jalan Suryakancana mengurangi estetika kawasan pecinan Bogor. FOTO : Maya / Radar Bogor.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Menjamurnya iklan luar ruang di Kota Bogor telah mencapai pada taraf mengkhawatirkan, atau bisa dibilang darurat reklame ruang terbuka.

Walikota Bogor Bima Arya pun sampai harus turun gunung mengurusi masalah sampah visual, di Jalan Suryakancana dan Otto Iskandardinata (Otista), Kamis (04/02/2016).

“Tahun 2016 merupakan tahun bebersih bagi Kota Bogor. Kegiatan ini merupakan kerja keras lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka membersihkan dan menata kawasan Suryakancana dan Jalan Otista sebagai kawasan Kota Pusaka,” ujar Bima saat memberikan pengarahan di hadapan petugas gabungan OPD serta ormas.

Setelah memberikan pengarahan di gerbang Lawang Suryakancana, tim pun bergerak melakukan penyisiran, memantau sampah visual yang dipasang tanpa  izin. Pantauan Radar Bogor, petugas membersihkan spanduk hingga reklame yang menjorok ke badan jalan.


Bima terlihat menyusuri jalan yang padat kegiatan perdagangan ini hingga ke bangunan bekas toko roti Tan Ek Tjoa. Dia didampingi Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Daud Nedo Darenoh, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Irwan Riyanto, dan beberapa pimpinan OPD lain.