Tampil Cantik dengan Akik

CANTIK: Kini perempuan mulai menggandrungi cincin batu akik sebagai perhiasan di jarinya.
CANTIK: Kini perempuan mulai menggandrungi cincin batu akik sebagai perhiasan di jarinya.
CANTIK: Kini perempuan mulai menggandrungi cincin batu akik sebagai perhiasan di jarinya.

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR – Batu akik hanya untuk kaum pria? Sudah tidak lagi. Sekarang, perempuan juga mulai menggemari cincin batu akik sebagai perhiasan di jari. Tren ini pun menegaskan bahwa batu akik masih menjadi sebuah fenomena.

Contohnya, salah satu tempat penjualan cincin batu akik yang menyediakan untuk perempuan di Botany Square. Ada cukup banyak cincin batu akik khusus perempuan yang mejeng di etalase gerai tersebut. Safir, Ruby, Giok, Merah Delima, dan Kecubung adalah sederetan jenis batu akik yang diperuntukkan kaum hawa. Yang membedakannya dengan cincin batu akik pria adalah ukuran dan bentuk ring atau ikatnya.

“Peminatnya juga cukup banyak,” kata Lili, pemilik stan penjualan batu akik tersebut.

Lili mengatakan, kebanyakan wanita memilih batu King Safir yang berwarna biru tua, Red Ruby dan Giok Aceh dengan warna hijau khasnya untuk mempercantik jari-jarinya. Ya, warna dan lebih mengkilap adalah alasannya. Batu akik tersebut semakin menarik dengan balutan ring terbuat dari bahan titanium atau silver. Bentuk ring-nya pun beragam, ada yang seperti bunga, daun, segitiga, dan lainnya.


“Sesuai selera sih. Kan masing-masing berbeda-beda,” ujar Lili.

Soal harga, paling murah dipatok Rp 150 ribu sedangkan yang termahal adalah Rp 450 ribu. Tapi pada dasarnya, jelas Lili, sifat batu akik adalah sama meskipun untuk perempuan. Artinya, meskipun penjual mematok harga untuk cincin batu akik tersebut, pembeli bisa saja membelinya dengan harga yang lebih tinggi.

“Ada yang dihargai ratusan ribu, tapi bisa saja pembeli membelinya dengan harga yang berkali-kali lipat. Itu kalau dia suka dan ngerti batu,” ungkap dia.

Omzet keuntungan menjual cincin batu akik khusus perempuan pun terbilang menjanjikan. Sebab, pangsa pasarnya yang berbeda dengan cincin batu akik untuk pria.

“Yang jelas, untungnya ada,” sebut Lili.

Sementara, Yudi, salah seorang pecinta batu akik menuturkan, fenomena akik untuk mempercantik jari wanita adalah hal yang lumrah. Karena, semua jenis batu akik memiliki daya tarik dan pesona tersendiri. Ada yang cocok untuk dipakai untuk laki-laki, ada juga yang cocok untuk perempuan.

“Warna yang mencolok, cerah, dan motif adalah yang membuat wanita suka sama batu akik,” ungkap Yudi.

Dan yang menarik lainnya, tak hanya cincin. Ada juga gelang rantai dan kalung dengan hiasan batu akik. Semakin menarik bukan?

(radar bogor/izo)