10 Titik Kemacetan Kota Bogor Paling Menyebalkan

angkot di bogor
Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bogor, Pemkot Bogor berencana memberlakukan sistem satu arah di seputar Istana Bogor
Angkot yang kerap ngetem sembarangan menjadi pangkal utama kemacetan di Kota Bogor.
Angkot yang kerap ngetem sembarangan menjadi pangkal utama kemacetan di Kota Bogor.

POJOKJABAR.com, BOGOR – Kemacetan lalulintas di Kota Bogor kian memprihatinkan, bahkan menyebalkan bagi sebagian orang. Terlebih saat akhir pekan ketika warga Jakarta menjadikan kota hujan ini sebagai tujuan wisata.

Ini 10 titik kemacetan Kota Bogor seperti dilansir Lantas Polres Kota Bogor, Jumat (28/8/2014):
1. SIMPANG TALANG-GRAHA INDAH

Hampir setiap hari kemacetan yang terjadi di Simpang Talang Graha Indah. Pertigaan yang menghubungkan jalur Jakarta-Bogor ini membuat kemacetan yang cukup padat pada pagi hari dan sore harinya.

Banyaknya kendaraan yang melaju ke arah Cibinong dan sebaliknya membuat jalan ini kian padat dengan Kendaraan pribadi maupun kendaraan Umum.
2. PUTARAN YOGYA, JL SHOLEH ISKANDAR


Jalan Soleh Iskandar titik kemacetan paling mengkhawatirkan. Kemacetan terjadi sepanjang waktu, terlebih pagi dan sore.

Ada empat putaran kendaraan di Jalan Sholeh Iskandar menjadi biang kemacetan. Itu belum belum termasuk akses keluar dan masuk kendaraan perumahan, toserba, dan ruko yang berderet di sepanjang jalan tidak lebih 6-7 km ini.

 

3. SIMPANG YASMIN, Jl SOLEH ISKANDAR-Jl KHR Abdullah Bin Nuh

Kepadatan kendaraan di titik ini terjadi pada akhir pekan. Lolos dari jebakan kemacetan di titik ini bisa memakan waktu 1 jam, baik dari Yasmin maupun dari Jl Sholeh Iskandar. Titik kemacetan ini terjadi imbas titik kemacetan dari Jl Sholeh Iskandar.

 

4. JALAN PAJAJARAN

Inilah pusat lintasan Kota Bogor. Kemacetan paling mengkhawatirkan berada pada antara Botani Square atau Tugu Kujang hingga arah Tajur. Aktivitas wisata alasan utama tempat ini menjadi salah satu titik macet di Kota Bogor.

Minimnya sarana parkir menyebabkan banyaknya kendaraan pengunjung yang harus parkir di badan jalan. Hasilnya arus kendaraan sering tersendat di kawasan ini.

Sebab lain, angkot yang kerap ngetem sembaran di sekitar kawasan Tugu Kujang ini.
5. JALAN KAPTEN MUSLIHAT

Di lokasi ada Stasiun Bogor, pusat perbelanjaan, dan kawasan wisata keluarga. Kemacetan parah terjadi pada jam kerja.

Sumbangan kemacetan terbesar di titik ini karena seringnya angkot berhenti di bahu jalan sehingga menyulitkan kendaraan lain melintas.

Titik kemacetan ini lumayan terurai sejak kawasan Stasiun Bogor berpagar sehingga memaksa orang-orang melintasi jembatan penyebrangan.

Titik kemacetan lainya di kawasan ini terjadi di sekitar Jembatan Merah. Kendaraan dari Gunungbatu harus mau berbagi dengan kendaraan dari arah Jembatan Merah menuju Pasar Merdeka.

Pada akhir pekan, waktu tempuh di jalan yang tak lebih dari 1 KM ini bisa 40 menit.

 

6. PERLINTASAN KERETA RE MARTADINATA

Tingginya frekuensi KRL atau commuter line ditambah dengan ketidakdisiplinan pengendara membuat tempat ini menjadi salah satu titik kemacetan paling menyebalkan di Kota Bogor.

Panjang lintasan ini cuma 150-200 meter dari Taman Air Mancur ke pintu perlintasan, bahkan harus ditempuh dalam waktu 45 menit hingga satu jam. Kemacetan panjang terjadi pada akhir pekan.
Martadinata yang mencapai 1 Kilometer.

 

7. KAWASAN WARUNG JAMBU

Kendaraan yang keluar masuk dari Lingkar Luar Bogor, banyaknya pertokoan, atau angkot membuat jalan-jalan di sekitar kawasan Warung Jambu menjadi bagian kota ini yang harus dimasukkan dalam kategori titik macet paling menyebalkan di Kota Bogor.

Lagi-lagi, sopir angkot yang tidak disiplin menjadi penyebab kemacetan di kawasan ini.

 

8. JALAN MAWAR – JALAN MERDEKA

Titik macet di kota Bogor berikutnya adalah di depan bekas bioskop Presiden, titik pertemuan Jalan Mawar dan Jalan Merdeka. Biasanya terjadi di pagi hari ketika pedagang kaki lima masih berjualan dengan memakai badan jalan.

Antrean kendaraan pada jam sibuk tersebut menjadi panjang karena penyempitan badan jalan akibat aktivitas perdagangan. Belum lagi ditambah dengan banyaknya jalan yang berlubang di sekitar area ini.

 

9. JALAN SUDIRMAN, PERTIGAAN DEPAN ISTANA BOGOR

Istana Bogor kini jadi ‘rumah’ Presiden Indonesia. Setiap kali presiden melaksanakan aktivitas kenegaraan, sudah pasti kemacetan mendera. Tapi, tanpa aktivitas presiden pun, titik ini memang menjadi langganan kemacetan.

Pada akhir pekan, limpahan kendaraan pengunjung Kebun Raya Bogor juga menjadi pangkal kemacetan. Kemacetan juga mendera di ujung jalan atau persimpangan BTM.

 

10. PASAR BOGOR, JALAN SURYAKENCANA

Namanya juga pasar, sudah pasti ada kemacetan. Pedagang kaki lima, angkot, dan volume kendaraan yang tak terkendali pada akhir pekan menjadikan kawasan ini macet parah.

Limpahan wisatawan di pintu utama Kebun Raya Bogor dan banyaknya yang ingin berwisata kuliner di kawasan ini menjadi pangkal lain kemacetan di jalan ini.

(halim/ps/kan)