Taman Kencana Jadi Taman Ramah Difable

DIREVITALISASI: Taman Kencana Kota Bogor akan dipermak menjadi taman yang ramah difabel.
DIREVITALISASI: Taman Kencana Kota Bogor akan dipermak menjadi taman yang ramah difabel.
DIREVITALISASI: Taman Kencana Kota Bogor akan dipermak menjadi taman yang ramah difabel.

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR – Pemerintah Kota Bogor terus mengebut perbaikan sejumlah taman di Kota Bogor. Salah satunya,  Taman Kencana. Hingga tiga bulan kedepan, taman di bilangan Bogor Tengah itu tidak bisa digunakan publik karena sedang direvitalisasi. Anggaran yang digelontorkan pun tak kecil yaitu  Rp2,2 miliar.

“Kita akan membangun Taman Kencana agar lebih cantik dan indah, pembangunan ini memakan waktu hingga November mendatang,” ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor, Irwan Prasetyo, kemarin.

Pembangunan taman tetap akan mempertahankan nilai sejarah Taman Kencana, dengan konsep taman tematik yang mempertahankan nilai heritage.

“Taman Kencana akan dikembalikan seperti jaman dahulu, ada kolam, serta akan dibuat juga air mancur,” ujarnya.


Selain itu, taman Kencana juga kedepan akan dibuat ramah bagi penyandang difable, agar mereka juga bisa datang dan menikmati taman tersebut. Penamaan Taman Kencana juga akan dibuat sebagus mingkin, agar warga bisa foto dan menyebarkan melalui media sosial, sehingga promosi yang dilakukan warga juga dapat menarik perhatian wisatawan.

“Anggaran pembangunan sebesar Rp2,2 milyar, tetapi kita juga akan melebarkan pedestrian menjadi dua meter,” ungkapnya.

Nantinya akan dibuat  meeting point di dua lokasi, sumur resapan dan arena bermain anak-anak. Agar menarik perhatian, taman juga tak akan dibiarkan gelap, dengan 87 titik lampu yang menyebar, cahaya lampu yang menerangi lapangan itu akan semakin mendukung keindahan taman  di malam hari.

“Dengan luas 5.800 meter , 60 persen lahan akan dugunakan untuk ruang terbuka hijau sedangkan 40 persen arena perkerasan,” beber Irwan.

Kepala Bidang Pertamanan DKP Kota Bogor, Yadi Cahyadi menjelaskan pembangunan taman ramah difable tersebut menambah daftar taman yang dibuat khusus bagi orang yang penyandang cacat, termasuk kaum lanjut usia (lansia).

“Kita sudah punya taman yang memiliki fasilitas difable, seperti taman Heulang, taman Kencana dan taman Pangrango,” cetusnya.

Kedepan Bogor akan dibuat taman berkonsep air mancur yang dapat mengiringi iringan musik. Terpisah Pelaksana CV Gilang Kencana Korp, Fauzi berjanji akan mengerjakan pembangunan renovasi taman sesuai dengan target yang sudah dijadwalkan.

“Mohon maaf kepada warga Bogor, taman sementara tidak bisa digunakan, kami terpaksa ditutup agar sedikit nyaman saat bekerja,” pungkasnya.

(radar bogor/ded/c)