Astagfirullah! Masih Ada SDN di Kota Bogor Belum Berlistrik

SDN Wangunsari di Bogor Selatan ini belum tersentuh listrik.
SDN Wangunsari di Bogor Selatan ini belum tersentuh listrik.
SDN Wangunsari di Bogor Selatan ini belum tersentuh listrik.

BOGOR – Astagfirullah! Ternyata masih ada SDN di Kota Bogor yang belum dialiri listrik. Bahkan sejak sekolah yang memiliki sekitar 120 murid tersebut berdiri pada 1983, belum pernah dialiri listrik.

Itu adalah SDN Wangunsari yang terletak di ujung Selatan Kecamatan Bogor Selatan atau perbatasan antara kota dengan Kabupaten Bogor.

Tak hanya itu, sekitar 500 meter akses jalan menuju sekolah tersebut pun tak pernah mendapat perhatian Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) untuk diaspal.

”Apa mau dibilang, mungkin harus begini nasib yang kami terima. Sebab, sudah beberapa kali kami melaporkan dan ajukan, namun hingga kini belum juga ada realisasinya. Tapi untuk mengantisipasinya, pihak sekolah membeli genset. Itu pun sudah rusak,” ujar salah seorang guru agama SDN Wangunsari, Yusuf kepada Metropolitan (Grup PojokSatu.id), Kamis (27/8/2015).


Begitu juga kendala yang dihadapi pengelola pendidikan di sekolah yang sama sekali tak pernah didatangi pejabat itu. Minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di SDN Wangunsari berkurang karena akses jalan sangat memprihatinkan, yaitu masih jalan tanah. Sehingga mengganggu Proses Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM).

Apalagi jika turun hujan. Karena kondisi jalan becek dan licin. Sehingga anak didik malas sekolah.

“Kalau masalah itu sudah pernah kita usulkan, namun Pemkot Bogor beralasan bahwa lokasi sekolah terlalu jauh dari pemukiman atau tiang jaringan listrik. Kalau masalah pengasplan, kami sudah capek mengusulkannya. Karena tidak mau didengar untuk direalisasikan,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan, setelah adanya permohonan, Disdik Kota Bogor langsung memberi bantuan satu unit genset. Namun, genset itu kini sudah rusak,” terangnya.

(her/tur/ar/ram/metropolitan)