Warga Bogor Tak Bisa buat E-KTP

e-ktp

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR-Pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Bogor lagi-lagi mengalami kendala.

Sejak Senin (24/8/2015), jaringan internet untuk membuat e-KTP tidak dapat digunakan.

Loket pelayanan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor tutup. Menanggapi masalah tersebut, Kepala Seksi Andministrasi Kependudukan pada Disdukcapil Kabupaten Bogor, Endah Handayani mengungkapkan, masalah tersebut muncul lantaran tidak berfungsinya jaringan dari pusat.


“Saya juga tidak tahu kenapa, karena belum ada pemberitahuan sebelumnya,” kata Endah seperti dilansir Radar Bogor, Rabu (26/8/2015).

Bukan hanya proses cetak yang tidak bisa digunakan, kata dia, proses perekaman pun tidak berfungsi.

“Hanya sekadar melihat server, untuk mengetahui data penduduk yang sudah memiliki e-KTP saja tidak bisa,” keluh Endah.

Dia mengaku, belum bisa memastikan kapan proses perekaman dan cetak e-KTP bisa dilaksanakan. “Kemungkinan ini se-Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Staf Seksi Pemerintahan Kecamatan Leuwiliang, Ewil Hidayat mengakui, errornya jaringan e-KTP menghambat pelayanan kepada masyarakat.

“Banyak warga dari desa yang jauh harus pulang lagi karena tak bisa memproses,” ujarnya.

Untuk antisipasi masalah tersebut, Ewil mengaku sudah berkoordinasi dengan semua perangkat desa agar sementara tak ada warga yang ke kantor kecamatan sebelum jaringan kembali normal.

(radar bogor/rub/luc/c)