MotoGP Tunggu Keseriusan Indonesia

tinton-soeprapto
MINTA KEPASTIAN: Tinton Soeprapto (kanan) memberikan penjelasan terkait kesiapan Indonesia jadi tuan rumah salah satu seri MotoGP 2017.

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR–Promotor kejuaraan balap motor paling bergengsi dunia, Dorna, meminta surat kepastian dari pemerintah Indonesia terkait kesiapan untuk menjadi tuan rumah salah satu seri MotoGP 2017.

Desakan dari Dorna itu diungkap Tinton Soeprapto sebagai pengelola Sirkuit Sentul.

”Memang benar. Dorna saat ini meminta surat kepastian itu. Makanya kami terus koordinasi dengan pemerintah,”ujar Tinton Soeprapto.

Sebagai pengelola satu-satunya sirkuit di Indonesia, pihaknya akan terus melakukan komunikasi dengan Dorna maupun pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Pariwisata. Hal itu dilakukan agar kepastian MotoGP di Indonesia segera didapat.


”Pokoknya ini demi Indonesia. Kita harus memanfaatkan kesempatan ini. Siapa yang tidak ingin melihat secara langsung? Apalagi Indonesia merupakan basis penjualan motor tertinggi di dunia,” ujar Tinton.

Pria yang juga mantan pembalap ini menilai, jika kepastian Indonesia siap menjadi tuan rumah telah ditetapkan oleh pemerintah, maka persiapan ke depannya akan lebih mudah. Apalagi untuk menggelar kejuaraan ini harus ada sinergi antara pemerintah dengan pihak swasta.

Terkait Sirkuit Sentul yang mempunyai peluang besar menggelar kejuaraan bergengsi tersebut, Tonton mengaku siap meski untuk mendapatkan lisensi A harus melakukan perbaikan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Sebelumnya, Menpora Imam Nahrawi mengatakan, saat ini pihaknya terus mengkaji persiapan untuk menghadapi MotoGP 2017. Bahkan, pihaknya juga telah memantau beberapa daerah yang juga tertarik untuk menggelar kejuaraan balap motor paling bergengsi di dunia itu.

(radar bogor/bam/ndi/JPG)