Setiap Sabtu SDN Bantarjati 6 Ngebor Biopori

Guru dan siswa kompak membuat lubang resapan biopori.
Guru dan siswa kompak membuat lubang resapan biopori.
Guru dan siswa kompak membuat lubang resapan biopori.

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR-Dengan semangat, para siswa dan guru SDN Bantarjati 6 turut berpartisipasi dalam gerakan lima juta lubang biopori. Sejak pukul 08:30, para peserta sudah mulai ngebor tanah untuk dijadikan biopori di halaman sekolah.

“Sebagai sekolah Adiwiyata, sudah menjadi kewajiban kami untuk mencintai lingkungan. Salah satunya dengan membuat lubang biopori ini,” ujar Kepala SDN Bantarjati 6, Sukartiningsih seperti dilansir Radar Bogor, Selasa (25/8/2015).

Selain sebagai sumur resapan, kata Sukartiningsih, lubang biopori juga dapat mencegah terjadinya banjir dan kekeringan. Tak hanya itu, lubang biopori dapat dimanfaatkan untuk memproduksi pupuk kompos.

“Kami rutin setiap hari Sabtu melakukan pengeboran lubang biopori. Agar tidak terlalu berat, siswa dan penjaga sekolah juga turut dilibatkan,” tuturnya.


Bukan hanya di sekolah, para guru memberi penyuluhan kepada siswa agar membuat lubang biopori di rumah masing-masing. Nantinya, sekolah akan meminta bukti dari orangtua atau tetangga siswa tersebut.

Sementara itu, Ilham salah satu siswa kelas 6 mengaku, bangga bisa turut serta dalam gerakan lima juta lubang biopori.

“Tadi sempat mentok kena batu saat ngebor, jadi saya baru bisa melubangi satu hari ini,” ucapnya.

(radar bogor/pkl1)