Daging Meroket, Tomat Terjun Bebas

MASIH MAHAL: Seorang pedagang daging sapi sedang menunggu pembeli.
MASIH MAHAL: Seorang pedagang daging sapi sedang menunggu pembeli.
MASIH MAHAL: Seorang pedagang daging sapi sedang menunggu pembeli.

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR – Tanda-tanda akan turunnya harga ‎daging sapi hingga hari ini belum tampak. Harganya bahkan cenderung naik. Padahal prediksi pasar menjelang Hari Raya Idul Adha harga daging sapi diprediksi akan turun.

Kepala Unit Pasar Bogor Iwan Arif Budiman mengatakan,  pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Baru Bogor.  Namun, diapun tidak bisa mengintervensi pedagang agar menjual dagangannya dengan harga standar.

“Setelah kami tanyakan kepedagang ternyata kalau daging itu memang hargannya sudah mahal dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH),” kata dia.

Berdasarkan keterangan sejumlah pedagang, harga daging di RPH mencapai Rp98.500 per kilogram. Hal tersebut belum dihitung cost pengeluaran pedagang untuk transportasi dan kuli angkut.


“Saya juga masih bingung kenapa bisa sampai seperti ini. Memang berdasarkan pantauan kami pun stok dagangan mereka lebih sedikit dibading biasanya,” terangnya

Ketika harga daging meroket, tomat malah terjun bebas. Saat ini, harga tomat menyentuh angka Rp5 ribu per kilogram. Sebelumnya, tomat dibanderol Rp 15 ribu- Rp 20 ribu.

Kabid Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, Mangahit Sinaga menjelaskan sembako pada dasarnya memang mengalami gejolak harga yang cukup signifikan.

“Yang masih bergejolak itu harga daging yang diikuti dengan telur ayam dan cabai,” bebernya.

Berdasarkan hasil pemantauan Disperindag pada 17 pasar yang ada diKota Bogor. Harga daging ayam mengalami penurunan dari Rp45 ribu per kilogram kini menjadi Rp 38 ribu per kilogram, daging sapi Rp110 per kilogramnya, telur ayam dari Rp22 ribu per kiilogram naik menjadi Rp25ribu per kilogram.

“Saat ini kami masih menunggu kebijakan dari pusat, kami belum berani melakukan operasi pasar,” tandasnya.

(radar bogor/hur/c)