Kelas Inspirasi Bogor Ajak Warga Ngebor Biopori

Para peserta semangat ngebor lubang biopori di sekitar Sempur.
Para peserta semangat ngebor lubang biopori di sekitar Sempur.
Para peserta semangat ngebor lubang biopori di sekitar Sempur.

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR-Gerakan Lima Juta Biopori terus melakukan perubahan di Kota Bogor.

Minggu (23/8/2015), Kelas Inspirasi Bogor (KIB) mewarnai kegiatan peduli lingkungan yang dilakukan di sepanjang kawasan Ciliwung, Sempur, Kecamatan Bogor Tengah.

“Warga Bogor harus menyadari jika lingkungan sudah tak seperti dulu lagi, Bogor yang dikenal sebagai kota hujan ternyata mengalami kekeringan,” ujar Panitia KIB 3, Windia Hertanti kepada Radar Bogor.

Sehingga, dengan adanya gerakan peduli lingkungan seperti ini mampu mempertahankan sumber daya alam. Terutama, air yang berada di dalam tanah dapat tertahan.


Dirinya mengajak, seluruh warga Bogor untuk membuat lubang biopori di masing-masing lingkungan. “Saya sudah merasakan manfaatnya, kebetulan di kawasan Katulampa pernah mengalami kekeringan,” bebernya.

Menurutnya, seluruh sumur di perumahan kawasan itu kering. Tetapi, setelah warga sekitar mencoba membuat biopori, hingga kini belum pernah terjadi lagi.

Panitia Kelas Inspirasi Bogor, Praditia Seti Rahayu menambahkan, maanfaat biopori itu sangat besar. Mampu mereduksi air kedalam tanah. Keterlibatan BIB terhadap gerakan lima juta biopori membuktikan jika kepedulian terhadap lingkungan sangat penting. selain memberikan inspirasi terhadap anak-anak Bogor yang termarjinalkan.

“Kami siap bantu lingkungan agar tetap terjaga,” ujarnya.

Sebelum ngebor, para peserta mendapatkan pengarahan dari Penanggungjawab Gerakan Lima Juta Lubang Biopori yang juga CEO Radar Bogor Group, Hazairin Sitepu. Tak hanya itu, hadir Ketua Pelaksana Gerakan Lima Juta Lubang Biopori Gatut Susanta, anggota Bogor Sahabats Winda F Basir dan Maman Herman.

Kelas Inspirasi Bogor run mengajak warga Bogor untuk lari bekerjasama dengan indorunnes. Turut hadir juga Ketua Junior Chamber International, Niki Aditya.

(radar bogor/ded)