Memotret Satwa Liar di Kota Bogor

MASUK MAL: Potret satwa liar ini memanjakan para pengunjung Mal Botani Square.
MASUK MAL: Potret satwa liar ini memanjakan para pengunjung Mal Botani Square.
MASUK MAL: Potret satwa liar ini memanjakan para pengunjung Mal Botani Square.

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR – Menikmati satwa liar tidak perlu lagi ke hutan. Hal itu bisa kita lihat di kota bahkan di pusat perbelanjaan. Bahkan satwa liar itu juga bisa disentuh sama sekali tidak berbahaya. Ya, itu hanya bisa dilakukan dalam  pameran foto satwa liar di Botani Square.

Sebanyak 30 foto satwa liar dipamerkan sejak Kamis (20/8) hingga Minggu (23/8) 2015.  Acara  pameran foto itu diselenggarakan oleh Burung Indonesia bekerjasama dengan Botani Square dan National Geographic Indonesia tersebut dibuka oleh Wakil Walikota Bogor, Usman Hariman.

Head of Communication and Knowledge Center Burung Indonesia Ria Saryanthi, mengatakan, pameran foto ini digelar untuk memperkenalkan kepada masyarakat kekayaan alam Indonesia. “Terutama jenis-jenis burungnya,” ujar Ria.

Maklum, Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan kekayaan jenis burungnya. Burung Indonesia mencatat jumlah jenis burung di Indonesia mencapai 1.666 jenis. Sebanyak 426 jenis di antaranya bahkan tidak dapat dijumpai di tempat lain di dunia sehingga Indonesia menjadi negara yang paling kaya jenis burung endemis.


Selain menampilkan foto-foto satwa liar yang hidup di hutan seperti orangutan, komodo, maleo, dan burung bidadari Halmahera, pada pameran ini juga dipamerkan foto burung-burung perkotaan.

“Burung perkotaan merupakan salah satu kelompok satwa liar yang dekat dengan manusia,” tutur Ria.

Senada diungkapkan Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman. Menurut dia, burung perkotaan juga menjadi indikator lingkungan. Jika banyak burung, artinya lingkungan masih hijau dan baik.  Karena itu, untuk menghadirkan burung-burung tersebut, perlu menjaga agar lingkungan kita hijau dan sehat dengan memperbanyak ruang terbuka hijau.

“Kota Bogor, misalnya, sedang giat menambah jumlah taman kota yang tidak hanya indah dipandang tetapi juga rindang dan ramah burung,” tukasnya

Pameran yang menampilkan foto-foto karya Riza Marlon, fotografer satwa liar terkemuka di Indonesia, serta karya Burung Indonesia dan National Geographic Indonesia ini digelar dalam rangkaian kegiatan Merayakan Keragaman Burung di Indonesia ke-13.

Sebelumnya, pada 16 Agustus 2015 Burung Indonesia menggelar pameran lukisan burung bertajuk “Birds of Our Nation” di Hotel Gran Mahakam Jakarta, yang menampilkan karya pelukis Portugal, Paulo Alves.

(radar bogor/ind/*)