Mau Liburan, Ratusan Mahasiswa IPB Kena Tipu

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR – Ratusan mahasiswa dari  Institut Pertanian Bogor (IPB), harus mengubur dalam-dalam mimpi mereka  untuk berlibur tahun ini. Para mahasiswa itu ditipu oleh Travel Lainuba Tor Bandung. Padahal, harusnya mereka sudah berangkat namun ternyata dibatalkan. Uang sebesar Rp98 juta yang sudah disetorkan dibawa kabur pemilik travel.

Salah satu korban Syifa Zahara (20) yang ditemui di Polres Bogor Kota menuturkan, pada bulan Mei lalu pelaku yang juga pemilik travel, mengaku bisa memberangkatkan teman-temannya untuk melakukan study tour ke Karawang, Yogyakarta dan Semarang. Untuk meringankan biaya perjalanan, pelaku meminta membayar uang kolektif sebesar Rp100 ribu per orang.

“Mendengar hal itu, teman-teman saya pun tertarik terhadap tawarannya. Sebab  pelaku mengaku, bisa memberangkatkan mereka untuk melaksanakan study tor ke beberapa wilayah yang ada di Indonesia,” ungkap Syifa.

Kepadanya, pelaku mengaku akan memberangkatkan mereka pada 20 Agustus. Namun sampai saat ini tak ada kabar dari pelaku. Hal itu diketahui setelah dilakukan pengecekan ke Bandung. Pelaku bersama anak buahnya  ternyata sudah kabur. Kantornya pun sudah tak berpenghuni lagi.


“Sedangkan kami sudah mentransfer uang sebesar Rp98.107.500 ke rekening BNI milik pelaku. Kami berharap pelaku segera bisa ditangkap,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Kasat Reskrim Polres Bogor Kota, AKP Hendrawan A Nugroho mengaku masih melakukan penyelidikan. Sebab, setelah dilakukan penyelidikan ke Bandung, kantornya sudah kosong.

“Kami juga akan kordinasi dengan jajaran Polres dan Polda,”singkatnya.

(radar bogor/fdm/c)