Wartawan Mingguan Peras Pengusaha Tahu

PEMERASAN: Budiman (kanan) menjalani pemeriksaan di Mapolsek Megemendung, Kamis (20/8/2015).
PEMERASAN: Budiman (kanan) menjalani pemeriksaan di Mapolsek Megemendung, Kamis (20/8/2015).
PEMERASAN: Budiman (kanan) menjalani pemeriksaan di Mapolsek Megemendung, Kamis (20/8/2015).

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR-Jajaran Polsek Megamendung, menangkap oknum wartawan mingguan karena memeras pengusaha tahu di Kampung Pasir Angin, Desa Pasir Angin, Kamis (20/8/2015). Penangkapan wartawan mingguan Metro Media, Budiman, ini ditangkap setelah tiga kali memeras korban.

Pemerasan ini berawal ketika Budiman mengancam melaporkan korban karena tuduhan menggunakan bahan formalin. Pasangan suami istri Nurdin dan Halimah, yang menjalankan usaha pembuatan tahu ini ketakutan.

Kepada korban, Budiman minta Rp10 juta. Karena tidak punya cukup uang, korban hanya menyanggupi Rp8 juta dan dibayar nyicil. Uang itu diberikan tiga tahap. Minggu (16/8/2015) lalu, korban menyerahkan Rp5 juta kepada pelaku.

Selang dua hari, pelaku kembali datang minta uang perasan Rp2 juta. Namun apes bagi Budiman, pada proses penyerahan uang tahap terakhir, Rabu (19/8/2015) sudah keburu diringkus polisi.


“Saya minta Rp10 juta, tapi hanya disanggupi Rp8 juta, itupun diberikan tiga tahap. Uangnya sudah saya dipakai buat keperluan sehari-hari,” ujar Budiman di Mapolsek Megemendung.

Dengan tertunduk lesu, Budiman mengaku baru sekali melakukan pemerasan.

”Saya kapok. Saya tidak mau mengulangi lagi. Saya tobat. Kalau sudah bebas mau kembali berdagang di kampung halaman,” terangnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Megamendung, Ipda Try Lesmana menjelaskan, pelaku ditangkap dengan barang bukti uang Rp1 juta.

“Ini uang hasil perasan tahap ketiga,” terangnya seperti dilansir Radar Bogor, Jumat (21/8/2015).

Dari hasil pemerasan itu, kata dia, pelaku sudah mengantongi Rp7 juta. Pelaku akan di jerat pasal 368 tentang pemerasan dengan ancaman lima tahun penjara.

”Kepada korban, pelaku juga sempat mengaku sebagai polisi,” tandasnya.

(radar bogor/nal/c)