SDN Selakopi Ngebor Biopori

Guru dan siswa kompak membuat biopori.
Guru dan siswa kompak membuat biopori.
Guru dan siswa kompak membuat biopori.

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR–Masih dalam rangka memeringati Hari Kemerdekaan ke-70 Tahun Indonesia. Selain melakukan upacara bendera dan lomba-lomba, para siswa dan guru SDN Selakopi ikut serta dalam gerakan lima juta lubang biopori, Selasa (18/8/2015).

Setelah berkeliling komplek sekolah untuk karnaval, sejak pukul 08:00 para peserta mulai ngebor biopori. Dengan tertib, seluruh siswa, guru maupun orangtua murid yang hadir pun dengan simak mendengarkan penjelasan mengenai lubang resapan biopori dari tim biopori dan Bogor Sahabats.

Mulai dari manfaat lubang resapan, sebagai tempat masuknya air saat musim hujan dan menampungnya saat musim kemarau. Anak-anak pun mendengarkan bagaimana teknik atau cara aplikasi dengan bor hingga memasukan sampah organik di dalam lubang.

Pukul 09:00, para peserta mulai mengebor. Kepala SDN Selakopi, Murdiah mengatakan, kegiatan dilaksanakan karena kebersihan merupakan sebagian dari iman.


“Dengan melakukan biopori, membersihkan dan menjaga lingkungan, anak-anak bisa memperingati kemerdekaan dengan cara lain yaitu menjaga kebersihan,” jelasnya seperti dilansir Radar Bogor, Rabu (19/8/2015).

Ia berharap, para siswa dan orang tua bisa melakukan hal yang sama di lingkungan masing-masing.

(radar bogor/ran)