Villa Duta Targetkan 10.000 Lubang Biopori

Dengan kompak, para peserta foto bersama usai ngebor lubang resapan biopori.
Dengan kompak, para peserta foto bersama usai ngebor lubang resapan biopori.
Dengan kompak, para peserta foto bersama usai ngebor lubang resapan biopori.

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR–Warga Perumahan Villa Duta khususnya RW 14, Kelurahan Baranang Siang kembali ngebor biopori. Tak tanggung-tanggung, warga menargetkan 10.000 lubang biopori selama waktu 2 bulan.

Ketua RW 14 Perumahan Villa Duta, Thoriq Abudan mengatakan, membuat lubang biopori 10.000 bukan hal yang sulit.

“Tak hanya difasilitas umum, di rumah warga juga wajib membuat lubang biopori,” ungkap Thoriq seperti dilansir Radar Bogor, Selasa (18/8/2015).

Jumlah rumah atau kapling di Villa Duta RW 14 ada sekitar 19 RT, 650 rumah dan minimal tiap rumah wajib membuat lubang biopori minimal 10 lubang. Sisanya, akan dibuat lubang biopori di fasilitas umum yang berjumlah 3.500 lubang dan diawali di lingkungan sekitar mesjid yang ada di perumahan.


“Yakin bisa tercapai bahkan bisa lebih,” terang pria yang juga Ketua DKM Mesjid Al Amanah itu.

Lebih lanjut Thoriq mengatakan, satu lubang hanya memerlukan waktu paling lama 10 menit, dapat menjadi kegiatan pengganti olahraga. Pembuatan lubang biopori di fasilitas bersama dilakukan pada hari minggu pagi serrta melibatkan remaja mesjid.

Thoriq menuturkan, banyak hal yang didapatkan dengan adanya lubang biopori. Selain mampu mencegah terjadinya banjir pada musim hujan atau sebaliknya pada saat musim kemarau tidak akan terjadi kekeringan.

(radar bogor/mer)