Pramuka Turun ke Jalan

TURUN KE JALAN: Memperingati HUT ke-54 Pramuka Nasional, ratusan Pramuka Kwarcab Kota Bogor turun ke jalan membagi kan tanaman.
TURUN KE JALAN: Memperingati HUT ke-54 Pramuka Nasional, ratusan Pramuka Kwarcab Kota Bogor turun ke jalan membagi kan tanaman.
TURUN KE JALAN: Memperingati HUT ke-54 Pramuk Nasional, ratusan Pramuka Kwarcab Kota Bogor turun ke jalan membagi kan tanaman.

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR – Kiprah dan kontribusi Pramuka kian terasa dalam kehidupan berbangsa. Korps Praja Muda Karana ini terus bahu-membahu ikut turun bersama masyarakat. Kemarin, Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bogor menggelar aksi nyata dengan menurunkan ratusan anggota pramuka yang tersebar di enam kwartir ranting. Mereka  melakukan bakti peduli pramuka untuk Kota Bogor di Hari Pramuka Nasional ke-54.

Waka bidang Organisasi dan Hukum Kwarcab Kota Bogor Maman Suherman mengatakan, Kwarcab Kota Bogor menggelar 23 aksi nyata dalam memperingati hari pramuka sejak beberapa bulan lalu. Seperti donor darah, festival ramadhan, gelar lodaya saat Lebaran.

“Termasuk hari ini yaitu bakti peduli pramuka untuk lingkungan, yang tersebar di enam kecamatan di Bogor,” ujarnya seperti dilansir Radar Bogor, Sabtu (15/8/2015).

Salah satunya, kegiatan yang dilakukan di underpass Kebun Raya Bogor, tepatnya depan Institut Pertanian Bogor (IPB) Baranangsiang yang diikuti ratusan anak-anak siaga dan penegak dari SDN Polisi 4 dan SMAN 2 dan SMK Wikrama.


Kegiatan itu didukung oleh Badang Perlindungan Lingkungan Hidup (BPLH), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  dan kepolisian. Hadir pula komunitas pejalan kaki.

“Nah, aksi nyata ini didasarkan yaitu pada bagaimana mereka calon generasi penerus bangsa betul-betul peduli lingkungan dengan program lihat sampah ambil (Lisa) dan lihat berantakan rapihkan (Libra),” kata Maman.

Selain itu, para anggota pun memanfaatkan air beras untuk beberapa keperluan yang tidak harus menggunakan air bersih. Tindakan ini merupakan cara hemat air dikala musim kemarau seperti akhir-akhir ini melanda sebagian wilayah di Indonesia, salah satunya Bogor.

Para anggota pramuka pun, membagikan dan mendemokan ajakan-ajakan berupa tulisan tentang menjaga lingkungan kepada pengendara yang lewat dan juga para pejalan kaki.

“Ada lagi pameran produk-produk anak-anak SDN Polisi 4 yang terbuat dari bahan bekas di dalam underpass, didalam pun ada himbauan kepada masyarakat yang lewat agar tidak melakukan corat coret,” ucapnya.

Mantan Kepala SMAN 6 itu, menjelaskan, bahwa tema kegiatan pramuka tiap tahunnya selalu berbeda disesuaikan dengan masalah yang sedang dihadapi di Indonesia. Makanya, tahun ini temanya lingkungan.

“Contoh kekeringan ini, sehingga sekalian diajarkan bahwa mencintai lingkungan sangat harus dilakukan agar kedepan generasi muda masih bisa menikmati sejuk dan nyamanya bumi,” tandasnya.

(radar bogor/ran/c)