Meriahkan HUT RI, Wakil Walikota Tersungkur

SEMANGAT: Memperingati HUT ke-70 RI, Muspida Kota Bogor melaksanakan lomba permainan tradisional, di Balaikota Bogor, Jumat (14/8/2015).
SEMANGAT: Memperingati HUT ke-70 RI, Muspida Kota Bogor melaksanakan lomba permainan tradisional, di Balaikota Bogor, Jumat (14/8/2015).
SEMANGAT: Memperingati HUT ke-70 RI, Muspida Kota Bogor melaksanakan lomba permainan tradisional, di Balaikota Bogor, Jumat (14/8/2015).

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR –  Semarak perayaan HUT Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus setiap tahunnya, selalu diwarnai berbagai perlombaan. Begitu juga dengan muspida Kota Bogor. Jumat (14/8/2015), Balaikota Bogor dipermak menjadi arena lomba.  Mulai dari tarik tambang, balap karung hingga bakiak.

Dari semua jenis perlombaan itu, Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman ikut nimbrung. Mantan anggota DPRD dua periode itu, memilih lomba tarik tambang. Dia pun harus tertatih-tatih menarik tambang, bahkan hingga tersungkur. Suasana semakin ramai ketika kaos Sekretaris Daerah Kota Bogor Sekda Ade Sarip Hidayat juga kena lumpur ketika terjatuh pada perlombaan bakiak.

Ya, kejadian-kejadian heboh tersaji  terjadi saat perayaan HUT RI ke-70 di Balaikota. Pertandingan pertama dibuka tepat pukul 07:30, yaitu tarik tambang. Tim wakil walikota melawan tim sekda. Di babak pertama,  kelompok wakil walikota sempat menang. Namun dianulir karena tidak sah.

Tim sekda protes, karena ajudan wakil walikota ikut nimbrung  di kelompok tersebut. “Tarik tambang diulang,” teriak pengarah kegiatan melalui pengeras suara. Perlombaan pun diulang. Namun, dalam babak ulang ini, wakil walikota yang berada di barisan depan terjatuh ke lantai,  karena berusaha mempertahankan timnya agar tak melewati garis. Dengan sigap Usmar pun kembali berdiri.


Namun usahanya itu, sia-sia karena  kelompok sekda keburu memanfaatkan momentum dan meraih kemenangan.  Selanjutnya perlombaan bakiak, diikuti empat tim dengan satu tim tiga orang. Baru saja dimulai, tim sekda langsung terjatuh hingga bajunya pun berlumpur. Juara pertama pada perlombaan ini, diraih tim Kabag Hukum Sekretariat Pemkot Hasby Munawar.

Namun kemenangan harus dibayar mahal, celana Hasby robek dari belakang sehingga mengundang tawa para pegawai yang hadir. Kabag Hukum yang memenangkan perlombaan ini pun terpaksa menutupnya dengan jaket.

Kabag Humas Pemkot Bogor, Encep Mohammad Ali Alhamidi, menuturkan,  kegiatan ini digelar dalam rangka perayaan HUT RI ke-70. Lomba olahraga tradisional yang digelar antara lain balap karung, bakiak, dan tarik tambang. Pesertanya dari sekretariat pemkot, sekretariat DPRD dan beberapa instansi lain di lingkungan balaikota.

“Di tempat lain juga dilaksanakan kegiatan serupa.     Diimbau kepada SKPD untuk melaksanakan kegiatan seperti ini demi memeriahkan HUT RI ke-70  untuk menjalin kebersamaaan di internal SKPD dan antar SKPD. Kegiatan dibatasi hingga salat Jumat, agar pelayanan tidak berhenti kepada masyarakat. Pelayaanan kepada masyarakat tetap diutamakan, ” tutupnya.

(radar bogor/ral/c)