SMPN 1 Cicurug Bangun Rasa Kepedulian dengan Ngebor Biopori

Dengan kompak, para siswi terus membuat lubang resapan biopori.
Dengan kompak, para siswi terus membuat lubang resapan biopori.
Dengan kompak, para siswi terus membuat lubang resapan biopori.

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR-Para siswa dan guru SMPN 1 Cicurug, Kabupaten Sukabumi dengan semangat membuat lubang resapan biopori. Kegiatan ini, bertepatan dengan rencana program sekolah mengenai lingkungan hidup.

Sejak pukul 09:00, semua murid berkumpul untuk mendengarkan penjelasan dari penemu lubang resapan biopori Kamir R Brata. Menurt Kamir, banyak manfaat membuat lubang resapan biopori. Apalagi, disaat musim panas ini. Tidak ketinggalan, ia pun menjelaskan teknik cara membuatnya.

Selain itu, Kamir pun menegaskan, teknik pembuatan dan finishing serta perawatan lubang harus sesuai aturannya.

“Yang penting lubang ditandai dan terus dimasukan sampah organik, jangan ditutup,” tegasnya.


Koordinator perencanaan lingkungan hidup (plh) SMPN 1 Cicurug, Bambang Saputra mengatakan, kegiatan biopori merupakan harapan warga sekolah sebagai solusi masalah yang dialami sekolah, terutama banjir.

“Kami di sini selalu banjir jika musim hujan, karena air tak ada jalannya, makanya kami buat tembok penghalang air ke kelas,” jelasnya.

Menurut Bambang, kegiatan ini sangat disambut baik sekolah. Sehingga, diharapkan solusi banjir bisa teratasi dengan adanya lubang resapan yang dibuat hingga 100 lubang tersebut.

Ia mengatakan, kegiatan akan berlanjut berhubung sekolah pun memiliki alat biopori. Bambang menambahkan, ngebor biopori diharapkan dapat membangun rasa peduli dan cinta lingkungan bagi siswa-siswi SMPN 1 Cicurug.

(radra bogor/ran)