Panitia Hak Angket Usmar Dibentuk Hari Ini

Usmar Hariman, Wakil Walikota Bogor
Usmar Hariman, Wakil Walikota Bogor
Usmar Hariman, Wakil Walikota Bogor

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR–Panitia hak angket (penyelidikan) dugaan penyalahgunaan wewenang Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman akan dibentuk hari ini.

Tahapannya, melalui sidang paripurna DPRD Kota Bogor. Nantinya, tidak ada ketentuan jumlah panitia angket sesuai tata tertib (tatib) DPRD. Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Sofyan mengatakan, yang dibentuk adalah panitia angket, bukan panitia khusus (pansus) hak angket. Perbedaannya, panitia angket jumlahnya tak ditentukan sesuai tatib DPRD. Sementara pansus harus ditentukan jumlah anggotanya.

“Kalau panitia angket tidak disebutkan maksimal berapa orang jumlahnya, bisa tujuh, sembilan atau sebelas. Kalau di pansus itu disebutkan, maksimal 15 orang,” jelasnya.

Untuk komposisi panitia angket akan ditentukan di sidang paripurna. Masing-masing fraksi mengusulkan nama-nama untuk anggota panitia angket. Dan jumlah yang diusulkan dari fraksi ini juga tidak ditentukan. Aturannya, selama 60 hari sesudah disepakati, sudah harus terbentuk panitia angket.


”Ini sudah kita bentuk, besok sudah paripurna. Masa kerja tidak ada penjelasan, bisa saja panjang. Namun, lebih cepat lebih baik. Setelah panitia ini dibentuk, kita akan segera bekerja mengumpulkan data-data yang diperlukan. Siapa-siapa saja yang kita perlukan, bisa kita panggil ke DPRD,” jelasnya. (radar bogor/ral/c)