Dana Desa untuk Pagar Makam

BIKIN PAGAR: Warga gotong royong membangun pagar makam.
BIKIN PAGAR: Warga gotong royong membangun pagar makam.
BIKIN PAGAR: Warga gotong royong membangun pagar makam.

POJOKJABAR.id, RADAR DRAMAGA–Cairnya dana desa mulai direalisasikan untuk program pembangunan. Seperti Desa Ciherang, Kecamatan Dramaga, yang melakukan penataan tempat pemakaman umum (TPU).

Kepala Desa Ciherang Suherwin mengatakan, makam di RT 01/01 itu dibuatkan pagar tembok sepanjang 274 meter. Selain itu, pembangunan tembok penahan tebingan (TPT) di dua RW tengah dikerjakan.

“Untuk penataan makam dikerjakan kelompok kerja (pokja). Semua itu, sesuai dengan anggaran dana desa Rp123 juta. Kalau makam dipagar, jadi lebih terawat dan tertata rapi,” ujarnya kemarin (10/8).

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPM) Desa Ciherang, Mustopa pun mengatakan, TPU merupakan kebutuhan masyarakat yang penting. Namun, terkadang masyarakat luput untuk merawatnya.


“Dilakukan pemagaran keliling agar terlihat tidak kumuh. Untuk saat ini baru mulai pemasangan fondasi pagar. Dibantu swadaya masyarakat juga,”
akunya.

Selain pemagaran TPU, LPM dan Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Desa Ciherang pun akan melakukan penataan kepengurusan makam.

“Selanjutnya akan kami susun kembali pengurus makam,” katanya.(radar bogor/han/c)