Kebun Raya Jadi Tempat Mesum

MESRA: Sejumlah pasangan lintas generasi asyik berpacaran di sudut-sudut Kebun Raya Bogor.
MESRA: Sejumlah pasangan lintas generasi asyik berpacaran di sudut-sudut Kebun Raya Bogor.
MESRA: Sejumlah pasangan lintas generasi asyik berpacaran di sudut-sudut Kebun Raya Bogor.

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR – Kebun Raya Bogor (KRB) kini telah berubah fungsi. Selain sebagai tempat wisata dan edukasi, KRB  juga dijadikan tempat pacaran muda-mudi. Bahkan kini menjadi tempat mesum. Banyaknya pohon tinggi dan minimnya kamera pengawas membuat orang semakin leluasa.

“Saya baru pertama kali menunjungi KRB. Berbagai macam pohon ada disini dan sangat indah buat foto-foto, eh pas saya mau foto di dekat pohon , ada yang lagi mesum. Bener kata teman-teman saya, bukan sekedar KRB tapi kebun raya mesum,” ujar  Mahasiwi Universitas Indonesia (UI) Nita Anggraeni seperti dilansir Radar Bogor, Senin (10/8/2015).

Senada Eki Anggriawan (24) Pelancong asal Bandung juga sangat  menyanyangkan adanya kegiatan tak pantas tersebut. Pembiaran pengunjung yang pacaran di balik pohon-pohon sangat disesalinya, Padahal lokasi KRB berdampingan dengan Istana Bogor.

“Saya heran saja, padahal berdampingan dengan Istana Presiden, tapi kok dibiarkan, bahkan sejumlah petugas cuek saat melintas pasangan ABG yang asik mojok,”tutur dia.


Banyak pasangan muda mudi yang memilih tempat di sudut atau dibawah pohon. Tak sekedar duduk bersama kadangkala aksi centil dilakukan. Petugas Keamanan KRB Agus R, membenarkan kegiatan itu. Dia menuturkan, sering mendapati pasangan yang sedang pacaran. Bahkan saat dirinya berkeliling, selalu saja ada yang sedang mojok.

“Banyak kalau disini, saya sering negur, namun tak mempan. Biasanya dibalik pohon-pohon besar, atau dibalik semak-semak,” ucapnya.

KRB  yang menjadi tempat mesum sejatinya bukan kali pertama.  Dimana Pada tahun 1990-an  berdar kabar dua sejoli gancet saat berbuat mesum di KRB. Hal tersebut dibenarkan oleh petugas kebersihan KRB, Yanto.

Pria yang telah 15 tahun bekerja di kebun Raya itu mengaku, kerap mendengar kabar tersebut. Bahkan tak sedikit pengunjung luar Bogor menanyakan hal tersebut kepadanya.

“Itu sudah lama kejadiannya. Katanya, ada yang pernah gancet di sini mahasiswa yang sedang mesum di pohon besar sana,” tutur yanto, seraya menunjukan pohon tersebut.

Akan tetapi, Yanto sendiri tidak bisa memastikan kabar tersebut, karena hanya dari kabar mulut ke mulut “Saya tidak lihat langsung, itu kata teman saya, soalnya dulu rame yang bicarain kejadian gancet itu,”terangnya.

Dikonfirmasi, Kasubag TU Kebun Raya Bogor, Ace Subarna tak menampik adanya kegiatan tersebut. KRB memang kerap dijadikan tempat pacaran.

“Iya memang benar sering dijadikan tempat mesum, tapi itu dulu. Sekarang sudah jarang. Hanya beberapa,”katanya.

Pihak KRB kata dia, tidak mengharapkan hal-hal asusila terjadi di KRB. Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berkantor di Istana Bogor.

“Untuk menguranginya, kami mengupayakan dengan mengingatkan pengunjung dan memaksimalkan pengamanan,”tandasnya.

(radar bogor/all/pkl1/c)