14 Rumah Halangi Jalan Lingkar

Proyek pembangunan Jalan Lingkar Dramaga.
MANGKRAK: Proyek pembangunan Jalan Lingkar Dramaga yang hingga kini, belum diketahui kapan akan tuntas.
MANGKRAK: Proyek pembangunan Jalan Lingkar Dramaga yang hingga kini, belum diketahui kapan akan tuntas.

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR-Pembangunan Jalan Lingkar Dramaga, sepanjang 7,5 kilometer masih terhambat beberapa lahan. Salah satunya 14 rumah di Perumahan Dramaga Cantik, yang hingga kini belum dibebaskan.

Bupati Bogor, Nurhayanti pun tak mau mengulur waktu untuk merealisasikan jalan alternatif itu. Sebab, ini sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Raya Dramaga.

“Tahun ini 14 rumah di Perumahan Dramaga Cantik harus dibebaskan semua,” ujar Nurhayanti saat penijauan proyek pembangunan jalan di Kecamatan Ciomas, beberapa hari lalu.

Bupati yang akrab disapa Yanti itu menyebutkan, beberapa bidang tanah di luar Perumahan Dramaga Cantik, biaya pembebasannya akan dianggarakan tahun depan.


“Pembebasan dilakukan provinsi dengan cara dititipkan ke pengadilan atau konsinyasi, sepanjang pembangunan itu untuk kepentingan orang banyak,” terangnya.

Yanti mengaku, tidak tahu kapan akan rampung jalan yang telah lama diidamkan masyarakat itu.

“Saya gak tau kapan selesainya jalan lingkar Dramaga. Jika sudah selesai, kita akan pikirkan terminal Laladon untuk menjadi terminal terpadu,” terangnya.

Sebelumya, Camat Dramaga, Baehaki telah mendatangi kantor Binamarga Kabupaten Bogor untuk menanyakan sampai sejauh mana pembanggunan jalan yang telah dikerjakan sejak 2005 itu.

“Saya ketemu Sekretaris Binamarga. Katanya, salah satu penghambatnya di bidang perencanaan dan jalan berkelok-kelok,” katanya.

Sebab, Kata Baehaki, masyarakat sangat dirugian dengan kemacetan lalu lintas yang setiap hari terjadi di Jalan Raya Dramaga.

“Ini sudah sangat merugikan masyarakat. Jika dibukanya jalan itu, juga bisa membuka peluang usaha bagi masyarakat,” imbuhnya.

(radar bogor/han/c)