Dana Kampanye Calon Dibiayai APBD

KPU
KPU
KPU

POJOKJABAR.id, RADAR BOGOR-Tahun 2015 merupakan babak baru pemilihan kepala daerah (pilkada). Berdasarkan UU nomor 8 tahun 2015,  pilkada dilaksanakan serentak pada tahun ini.

Akan tetapi, pilkada yang benar-benar serentak baru akan terjadi pada 2027 mendatang. Sementara, pilkada di Kota dan Kabupaten Bogor baru akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang.

“Saat ini masih judulnya saja pilkada serentak. Padahal masih parcial. Secara siklus pemilu, tahun 2027 baru benar-benar serentak,”ujar komisioner KPU Akhmad Munjin.

Ia mengatakan, sesuai Undang- Undang Nomor 8 tahun 2015 pula, dana kampanye masuk dalam jenis pendanaan pilkada dibiayai APBD. Calon tidak perlu lagi memikirkan soal dana kampanye, karena semua fasilitasnya disediakan oleh masing-masing KPU Daerah. Akan tetapi, hal tersebut menjadi kendala bagi KPU di daerah.


Sementara, dana yang dibiayai KPU tersebut terdapat empat jenis kegiatan kampanye pasangan calon. Mulai dari debat publik, pemasangan alat peraga kampanye, bahan kampanye yang terdiri dari selebaran pamflet, dan juga poster, termasuk iklan di media massa.

“Untuk pemasanga iklan diatur, baik ukuran serta medianya,”tandasnya.

(radar bogor/all/b)