Pensi Satu Bakti Sarat Budaya

LESTARIKAN BUDAYA: Siswa-siswi SMPK Satu Bakti menggelar pentas seni yang sarat pertunjukan budaya asli Sunda, di gedung Kemuning Gading, Senin kemarin.

LESTARIKAN BUDAYA: Siswa-siswi SMPK Satu Bakti menggelar pentas seni yang sarat pertunjukan budaya asli Sunda, di gedung Kemuning Gading, Senin kemarin.

POJOKSATU.id, BOGOR-SMPK Satu Bakti mengembangkan kemampuan anak didik di bidang musik melalui pentas seni, akhir pekan kemarin. Sekolah sengaja memboyong para siswa ke gedung kesenian Kemuning Gading, agar pertunjukan lebih berkesan dan digarap profesional.

“Ini kegiatan rutin setiap tahun. Kami mengusung tema berbeda kali ini yaitu pesona Jawa Barat,” tutur Wakil Kepala SMPK Satu Bakti, Sri Ekorini kepada Radar Bogor.

Selain menjaring bakat seni, pensi bertujuan untuk melestarikan budaya Indonesia. Khususnya budaya Sunda yang berasal dari Jawa Barat. Harapannya, kegiatan serupa bisa menyaring budaya asing yang masuk ke dalam negeri.

“Sehingga tidak membuat putra-putri kami menjadi apatis,” ujar Rini.

Selain itu, Rini berharap murid-muridnya menghindari pergaulan bebas. Mereka diharapkan melampiaskan bakat ke dalam seni. Seperti mengaransemen ulang dan membawakan lagu-lagu Sunda.

“Di antaranya Es Lilin, Bubuy Bulan, Pegat Simpai, Kahuma, Cing Cang Keling, dan Manuk Dadali. Ada juga Peyeum Bandung, Tokecang, Badminton, Pileleyeun. Itu lagu-lagu yang dibawakan,” tutupnya.

Anggota DPRD Kota Bogor Najamudin turut hadir dalam pensi tersebut. Ia mengapresiasi kepedulian sekolah mengajarkan seni dan budaya. Kegiatan itu perlu ditiru sekolah lain untuk melestarikan budaya.

“Saya berharap SMPK Satu Bakti semakin berhasil ke depannya. Para guru diharapkan dapat mengajarkan mata pelajaran yang seimbang. Artinya, 60 persen untuk mata akademik, 40 persennya untuk budaya,” singkatnya.(rp7/c)

Feeds