Kasus Dugaan Korupsi DBMP, Bukan Kasus Pertama

GRAFIS
GRAFIS
GRAFIS

POJOKSATU.id, CIBINONG-Kasus korupsi di DBMP Kabupaten Bogor bukanlah yang pertama. Pada 2012, Polda Jabar juga menyeret Kabid Pembangunan dan Rehabilitasi pada DBMP Kabupaten Bogor saat itu, Asep Yuyun ke jeruji besi.

Ia terbukti melakukan tindak pidana korupsi proyek Jalan Sukahati-Kedunghalang tahun anggaran 2011 bersama Aszwar (pengusaha) dan Charles Panjaitan (pengusaha).

Dalam kasus ini, ditemukan kerugian negara sebesar Rp1,5 miliar. Asep Yuyun divonis dua tahun penjara, Charle 1,6 tahun, serta Aszwar yang melakukan banding atas putusan PN Bandung dan divonis enam tahun penjara di pengadilan tinggi.

Di tahun yang sama, Polda Jabar juga memenjarakan Kepala DBMP Kabupaten Bogor saat itu, Helmi Gustian karena tindak pidana pemerasan kepada sejumlah pengusaha untuk melancarkan proyek di DBMP Kabupaten Bogor.


Helmi diduga meminta komisi kepada para pengusaha yang mendapatkan proyek di dinas yang ia pimpin dengan besaran yang telah ditentukan.

Bila para pengusaha itu menolak, ia mengancam akan mempersulit para pengusaha untuk mendapatkan proyek selanjutnya dan proses penagihan pembayaran. Jumlah uang komisi itu mencapai Rp16 miliar.

Uang komisi itu ditemukan tim penyidik Polda Jabar yang menggeledah kantornya pada 15 April 2012. Helmi divonis 18 bulan penjara pada 17 Desember 2013 lalu.(ful)