Lubang Biopori Sangat Berharga

Penanggungjawab Gerakann Lima lubang Biopori Hazairin Sitepu memberikan pengarahan kepada siswa/i SDN Pabuaran 05.
Penanggungjawab  Gerakann Lima  lubang Biopori Hazairin Sitepu memberikan  pengarahan kepada siswa/i SDN Pabuaran 05.
Penanggungjawab Gerakan Lima lubang Biopori Hazairin Sitepu memberikan pengarahan kepada siswa/i SDN Pabuaran 05.

POJOKSATU.id, CIBINONG-Tim Gerakan Lima Juta Lubang Biopori datangi SDN Pabuaran 05, Cibinong, kemarin. Tim mengajak keluarga besar sekolah yang berlokasi di Jalan Cempaka 3 Blok C5 No 7 Perum Pabuaran Indah, Kelurahan Pabuaran, ini untuk bergoyang bor biopori bersama-sama.

Sebelum melakukan pengeboran, siswa dan staf guru mendapat pengarahan dari penanggung jawab Gerakan Lima Juta Lubang Biopori, Hazairin Sitepu. Tepat pukul 08:00, pengeboran dimulai. Siswa dan guru langsung menyerbu 27 alat biopori yang sudah di siapkan. Selokan-selokan serta lahan kosong yang ada di sekitaran sekolah jadi titik pengeboran.

Kepala  SDN Pabuaran 05, Parlindoan Pasaribu menyatakan kekagumannya dengan aksi biopori. Ia berharap, lubang biopori dapat mengurangi air yang masuk dari wilayah perumahan.

“Aliran air dari wilayah perumahan berpusat di sini. Jadi kalau air masuk ke lingkungan sekolah suka banjir,” ujarnya.


Menurutnya, lubang biopori sangat berharga bagi SDN Pabuaran 05. Kemarin, pihaknya menargetkan 100 lubang biopori.

Salah satu siswa kelas VI, Rizky senang bisa membuat  lubang biopori. Ia bersemangat dan memahami fungsi pembuatan lubang berkedalaman satu meter itu. “ Semoga sekolah tidak kebanjiran lagi, jadi gak basah lagi sepatunya,” ucapnya.(cr2/b)