Dua PNS Bogor Ditangkap Terima Suap

Ilustrasi suap
Ilustrasi
PNS terima suap
ilustrasi

POJOKSATU.id, BOGOR – Dua pegawai negeri sipil (PNS) Kabupaten Bogor ditangkap Kejaksaan Negeri (Kejari) Bogor karena kedapatan terima suap dari pengusaha, Senin (20/4/2015).

Kedua PNS itu berinisial HK dan DS. HK bertugas sebagai pengawas bangunan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wilayah 1 Cibinong Dinas Tata Bangunan dan Pemukiman Kabupaten Bogor. Sedangkan DS adalah PNS yang bertugas di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bogor. Keduanya diduga terlibat sebagai calo izin IMB di Kabupaten Bogor.

“Kedua pegawai negeri itu sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Kepala Kejari Cibinong, Eko Bambang Riadi, Senin (20/4/2015).

Selain dua PNS, Kejari juga menangkap ua lainnya adalah pegawai swasta berinisial Z dan S. “Penangkapan itu dilakukan setelah kami mengintai mereka selama beberapa hari. Kami selidiki mereka berdasarkan laporan masyarakat,” tambah Eko.


Dari tangan pelaku, Kejari menyita barang bukti berupa uang tunai Rp 5 juta dalam dua amplop. Masing-masing amplop berisi Rp 2.5 juta.

Eko membeberkan kronologi penangkapan dua PNS yang diduga terlibat menjadi calo perizinan. Menurutnya, Kejari mendapat informasi dari masyarakat tentang penyerahan uang dari sebuah perusahaan swasta ke dua oknum PNS.

“Atas informasi tersebut, empat Jaksa Intelijen meluncur ke Perumahan Tatya Asri di Jalan Sentul. Tim memantau pergerakan para tersangka yang melakukan pertemuan di kawasan pergudangan Sentul,” imbuhnya.

Saat melakukan transaksi suap, Kejaksaan langsung bergerak dan menangkap para pelaku. Dua oknum PNS yang tertangkap tangan menerima suap langsung menjalani pemeriksaan dan ditetapkan menjadi terangka. Sedangkan dua pegawai swasta masih diperiksa sebagai saksi.  (one)

BACA JUGA: Menteri Jokowi Tonton Video Mesum Ayah dan Anak di Bogor