Digital Advertising: Arti, Jenis, Manfaat, Tips Tahun Ini

POJOKJABAR.Com – Digital advertising adalah strategi penting yang diprediksi akan tumbuh hingga 6,7% sampai 2028. Namun, di balik pesatnya perkembangan ini, masih banyak pelaku bisnis yang belum memiliki pengetahuan yang baik tentang digital advertising. Hal ini tentunya dapat menghambat mengurangi manfaat digital advertising.


Oleh karena itu, artikel ini akan membahas lebih dalam tentang digital advertising, mulai dari pengertian, jenis-jenisnya, hingga manfaat dan strateginya.

Apa yang dimaksud dengan digital advertising?

Digital advertising, atau yang lebih dikenal dengan iklan digital, adalah cara jitu untuk memasarkan produk atau jasa Anda secara  online. Berbeda dengan iklan konvensional, digital advertising memanfaatkan berbagai platform internet, seperti website, layanan streaming, dan masih banyak lagi.

Mengapa digital advertising sangat banyak digunakan sekarang?

Alasannya? Tak lain karena penggunaan internet yang kian meroket. Hampir setiap orang kini menghabiskan waktunya di dunia online, entah itu untuk browsing, bersosial media, menonton video, atau berbelanja. Digital advertising menjangkau audiens yang luas melalui berbagai platform online, peluang produk Anda dikenal dan dibeli pun semakin besar.


Menurut laporan oleh Hootsuite, pada tahun 2023 terdapat sekitar 5,07 miliar pengguna internet di seluruh dunia, dengan rata-rata pengguna menghabiskan sekitar 2 jam 25 menit online setiap harinya. Digital advertising menjangkau audiens yang luas melalui berbagai platform online, peluang produk Anda dikenal dan dibeli pun semakin besar. Bahkan, sebuah studi oleh Google menunjukkan bahwa 75% dari konsumen online mengatakan bahwa iklan digital mempengaruhi keputusan pembelian mereka.

Apa saja jenis digital advertising?

Dunia digital advertising adalah mencakup berbagai jenis iklan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan promosi Anda. Mari kita lihat beberapa jenis yang paling umum:

1. Iklan Pencarian (Search Advertising)

Pernahkah Anda mencari sesuatu di Google dan melihat iklan di bagian atas atau samping hasil pencarian? Itulah iklan pencarian (search ads) yang juga dikenal sebagai Search Engine Marketing (SEM). Iklan ini biasanya berupa teks singkat yang muncul berdasarkan kata kunci yang Anda gunakan.

2. Iklan Banner (Display Advertising)

Iklan ini pasti sudah tidak asing lagi. Iklan Banner (Display Ads) adalah iklan online yang memadukan teks dan elemen visual seperti gambar atau animasi. Anda bisa menemukannya di berbagai website, aplikasi, dan perangkat. Mereka biasanya muncul di dalam atau di samping konten website tersebut.

3. Iklan Video Online (Online Video Advertising)

Sesuai namanya, iklan video online menggunakan format video untuk menyampaikan pesan promosi. Ada dua jenis utama iklan video online: Out-stream dan In-stream. Iklan Out-stream muncul di tempat yang mirip dengan Display Ads, sedangkan In-stream muncul sebelum, selama, atau setelah konten video lain yang sedang Anda tonton.

4. Iklan Streaming Media (Streaming Media Advertising)

Pernah melihat iklan saat Anda sedang streaming film atau acara TV? Itulah iklan Streaming Media Advertising atau Over-the-Top (OTT) Ads. Iklan ini khusus untuk platform streaming yang menyajikan konten media melalui internet, tanpa perlu menggunakan parabola atau kabel.

5. Iklan Audio (Audio Advertising)

Ingatkah iklan yang sering muncul sebelum, selama, atau setelah Anda mendengarkan musik atau podcast online? Itulah iklan audio (Audio Ads) yang memanfaatkan konten audio untuk menyampaikan pesan promosi.

6. Iklan Media Sosial (Social Media Advertising)

Iklan media sosial (Social Media Ads) tentu sudah tidak asing lagi. Sesuai namanya, iklan ini muncul di platform media sosial seperti Twitter atau LinkedIn. Biasanya, iklan ini dibuat khusus agar dapat menyatu dengan konten media sosial dan menarik perhatian pengguna.

Apa saja manfaat digital advertising di dunia bisnis?

Berikut 3 manfaat utama digital advertising yang tak boleh dilewatkan:

1. Jangkauan Luas dan Tepat Sasaran

Digital advertising memungkinkan Anda menjangkau audiens yang luas di seluruh dunia. Lebih menariknya lagi, Anda dapat menargetkan iklan Anda kepada audiens yang spesifik berdasarkan demografi, minat, dan perilaku online mereka.

2. Pengukuran dan Analisis Mudah

Anda dapat melacak jumlah tayangan, klik, dan konversi secara real-time. Data-data ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan kampanye iklan Anda dan memastikan Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Biaya yang Efisien dan Fleksibel

Digital advertising menawarkan berbagai pilihan budget dan model pembayaran yang fleksibel. Anda dapat memulai dengan budget kecil dan meningkatkannya seiring dengan kebutuhan Anda.

Apa saja tips melakukan digital advertising?

Digital advertising memang ampuh, namun untuk memaksimalkan potensinya, Anda perlu strategi yang jitu. Berikut beberapa tips yang wajib diingat:

1. Tepat Sasaran

Manfaatkan keunggulan digital advertising dalam hal penargetan yang presisi. Jangkau audiens yang relevan, yang memiliki ketertarikan dengan produk atau jasa Anda. Dengan begitu, iklan Anda pun lebih mungkin untuk diperhatikan dan ditanggapi.

2. Pantau Performa

Hebatnya digital advertising, performa iklan dapat dilacak secara mendekati real-time, jauh lebih cepat dibanding media iklan tradisional. Ini memungkinkan Anda untuk selalu mengetahui performa kampanye iklan, sehingga Anda dapat melihat mana yang efektif dan mana yang perlu dibenahi.

3. Tes dan Optimasi

Digital advertising terkenal akan fleksibilitasnya. Hampir semua aspek iklan dapat disesuaikan, mulai dari copywriting, visual, segmen audiens yang dibidik, hingga budget. Untuk meraih kesuksesan, rajinlah melakukan uji coba dan optimasi pada berbagai variabel.

4. Jujur dan Otentik

Audiens online saat ini semakin cerdas dan kritis. Konten iklan yang asal-asalan atau tidak relevan tidak akan membuat Anda berhasil. Selalu kedepankan kejujuran dan keaslian dalam segala aspek strategi digital advertising Anda, mulai dari visual, pesan yang disampaikan, hingga pemilihan target audiens.

Tingkatkan Level Bisnis Anda dengan Digital Advertising!

Jika Anda membutuhkan jasa baik itu digital marketing atau social media handling untuk bisnis Anda secara profesional, serta ingin menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan? Saatnya menggunakan jasa Digital Advertising bersama Belajarlagi Digital Agency!

Telah membantu lebih dari 500 bisnis dalam mengembangkan potensi mereka melalui pemasaran digital, termasuk Pegadaian, HMNS, Pasar Senen, DJJPR dan lainnya. Selain itu, kami siap membantu Anda mengelola seluruh proses pemasaran secara digital, mulai dari awal hingga akhir, dengan strategi dan tools terkini yang tersedia.

Belajarlagi Digital Agency adalah solusi tepat untuk membantu bisnis Anda berkembang pesat di era digital. Dengan tim berpengalaman dan konsultan ahli yang telah berkecimpung selama lebih dari 10 tahun di industri digital, kami siap membantu Anda!