5 Pernikahan Adat Ini Termahal di Indonesia

Ilustrasi. Foto: Aleqt

Ilustrasi. Foto: Aleqt

Cari Aman

POJOKJABAR.com- Menikah masih menjadi hal utama bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Momen ini dianggap istimewa dan, bagi orang Indonesia, harus dirayakan dengan cara yang spesial.

Keberagaman suku bangsa dan budaya di negara kepualauan ini juga menjadikan upacara pernikahan hadir dalam berbagai tema sesuai ciri khas budaya masing-masing. Beberapa diantaranya, bahkan bisa memakan biaya hingga ratusan juta rupiah.

Berikut ini kami 5 upacara adat untuk pernikahan yang memakan biaya paling besar:

1, Bugis, Sulawesi Selatan

Pengantin Bugis. Foto: tutorialmakeup

Pengantin Bugis. Foto: tutorialmakeup

Tradisi pernikahan adat Bugis memiliki tahapan yang cukup panjang.  Prosesi pernikahan dimulai dalam 3 acara besar, yaitu sebelum akad nikah, saat akad nikah (pesta pernikahan), dan setelah akad nikah. Masing-masing memiliki 5 tahap yang harus dilalui oleh pengantin beserta keluarganya. Adapun pengluaran terbesar yang menjadikan pernikahan adat Bugis mahal adalah uang Panaik.

Uang Panaik adalah mahar yang harus dibayarkan oleh calon mempelai pria untuk meminang calon mempelai wanita. Jumlah uang Panaik ini disesuaikan dengan beberapa faktor, yaitu garis keturunan si gadis, jenjang pendidikan, pekerjaan, bahkan ada keluarga yang menjadikan kecantikan sebagai penentu besaran Panaik.

Untuk seorang gadis lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) uang Panaiknya bisa mencapai Rp 100 juta ditambah perhiasan, serta dua ekor kerbau. Adapula keluarga yang harus membayar Rp 150 juta sampai Rp 200 juta untuk menikahkan anak laki-lakinya, karena status sosial calon istrinya yang lebih tinggi.

Bagi masyarakat Bugis, uang Panaik menentukan keseriusan dari calon mempelai pria dalam mendapatkan si gadis untuk diperistri.


loading...

Feeds