Informasi Lengkap Pembaharuan Persyaratan Layanan Youtube per 10 Desember 2019

Youtube./Foto: Istimewa

Youtube./Foto: Istimewa

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Bagi para pengguna Youtube, terutama Youtuber, Youtube secara resmi meluncurkan pembaharuan persyaratan layanan pada tanggal 10 Desember 2019 ke depan.

Seperti dilansir dari laman resmi Youtube.com, pihaknya meluncurkan rancangan ringkasan guna membantu para pengguna Youtube agar memahami beberapa perubahan penting yang pihaknya lakukan pada Persyaratan Layanan kami (Persyaratan).

Youtube berharap ringkasan ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat. Namun, pastikan Anda membaca Persyaratan yang baru secara menyeluruh.

Berikut isi lengkapnya:

Selamat datang di YouTube!
Bagian ini menjelaskan hubungan kami dengan Anda. Selain mendefinisikan Perjanjian dan memberi nama penyedia layanan, bagian ini juga meliputi deskripsi Layanan. Berikut adalah perubahan penting yang dilakukan:

Penyedia Layanan. Kini, Google LLC merupakan penyedia layanan Anda.
Kebijakan. Kami telah menambahkan link ke Kebijakan, Kebijakan Keamanan dan Hak Cipta, dan Kebijakan Beriklan di YouTube, di mana semuanya merupakan bagian dari Perjanjian. Ketiganya merupakan kebijakan yang mendukung Pedoman Komunitas kami, dan kami ingin memastikan bahwa detail ini ditampilkan terlebih dahulu kepada Anda dalam Persyaratan kami.
Afiliasi. Kami telah menyertakan definisi kata “Afiliasi” agar Anda memahami dengan tepat pihak yang dimaksud ketika kami tengah membahas perusahaan-perusahaan yang ada dalam grup. Afiliasi berarti perusahaan-perusahaan yang ada dalam grup perusahaan Alphabet.
Siapa yang dapat menggunakan Layanan ini?
Bagian ini menetapkan persyaratan tertentu untuk penggunaan Layanan, dan menentukan kategori pengguna. Berikut adalah perubahan penting yang dilakukan:

Persyaratan Usia. Kami telah menetapkan persyaratan usia tertentu untuk negara Anda. Hal ini mencerminkan kebijakan Google secara umum. Kami juga menyertakan pemberitahuan yang menyatakan bahwa: Anda harus selalu memiliki izin orang tua atau wali sebelum dapat menggunakan Layanan, apabila Anda masih berusia di bawah umur di negara tempat Anda tinggal.
Izin Orang Tua. Kami telah menambahkan bagian yang menjelaskan tanggung jawab Anda jika Anda mengizinkan anak Anda untuk menggunakan YouTube.
Bisnis. Persyaratan kami menjelaskan bahwa, apabila Anda menggunakan Layanan atas nama perusahaan atau organisasi, maka badan usaha tersebut menerima Perjanjian ini.
Penggunaan Layanan
Bagian ini menjelaskan hak Anda untuk menggunakan Layanan, dan ketentuan yang berlaku terhadap penggunaan Anda atas Layanan. Ini juga menjelaskan bagaimana kami dapat melakukan perubahan pada Layanan. Berikut adalah perubahan penting yang dilakukan:

Akun Google dan Channel YouTube. Kami telah menyediakan detail tentang fitur Layanan yang dapat diakses tanpa akun Google atau channel YouTube, serta fitur-fitur yang memerlukan salah satu dari keduanya.
Informasi Anda. Kami belum melakukan perubahan apa pun terkait cara kami memperlakukan informasi Anda. Anda dapat membaca praktik privasi kami dengan meninjau Kebijakan Privasi dan Pemberitahuan Privasi YouTube Kids. Sebagai pengingat, Anda dapat meninjau setelan privasi Anda kapan saja, serta mengelola data dan personalisasi Anda dengan membuka Akun Google Anda.
Pembatasan. Kami telah memperbarui bagian ini untuk mencerminkan persyaratan kami mengenai kontes, dan untuk menyertakan larangan memanipulasi metrik.
Perubahan Layanan. Kami telah meningkatkan Persyaratan kami agar lebih transparan terkait alasan di balik dilakukannya perubahan terhadap Layanan. Kami juga berkomitmen untuk memberi Anda pemberitahuan apabila perubahan tersebut mungkin memengaruhi Anda.
Konten dan Perilaku Anda
Bagian ini berlaku bagi pengguna yang menyediakan Konten terhadap Layanan. Bagian ini mendefinisikan cakupan izin yang Anda berikan dengan mengupload Konten Anda, dan meliputi perjanjian untuk tidak mengupload hal-hal yang melanggar hak orang lain. Berikut adalah perubahan penting yang dilakukan:

Lisensi. Kami telah mengklarifikasi bahwa lisensi konten yang Anda berikan kepada kami agar lebih mudah dipahami. Kami tidak meminta izin tambahan dan tidak ada perbedaan dalam cara kami menggunakan konten Anda.
Durasi. Kami telah menghapus hak YouTube untuk menggunakan komentar Anda selamanya.
Penghapusan. Kami telah menyertakan link pada fitur yang Anda perlukan untuk menghapus konten Anda, termasuk deskripsi yang jelas di balik alasan penghapusan konten tersebut, dan cara mengajukan banding terhadap penghapusan.
Menganalisis Konten. Kami dapat menganalisis konten secara otomatis di YouTube untuk membantu mendeteksi penyalahgunaan dan menjaga agar platform tetap aman.
Penangguhan dan Pengakhiran Akun
Bagian ini menjelaskan bagaimana Anda dan YouTube dapat menghentikan hubungan ini. Berikut adalah perubahan penting yang dilakukan:

Pengakhiran. Persyaratan kami kini meliputi detail lebih lanjut mengenai apabila kami perlu untuk mengakhiri Perjanjian dengan oknum yang tidak benar. Kami berkomitmen lebih untuk memberi tahu kapan tindakan seperti ini akan kami lakukan dan apa yang dapat Anda lakukan untuk melakukan banding jika menurut Anda kami salah. Kami juga menambahkan petunjuk untuk Anda, jika Anda memutuskan tidak lagi ingin menggunakan Layanan.
Tentang Software dalam Layanan
Bagian ini menyertakan detail tentang software pada Layanan. Berikut adalah perubahan penting yang dilakukan:

Lisensi Software. Kami telah membuat lisensi software yang kami berikan kepada Anda menjadi lebih spesifik, dan menyertakan beberapa detail mengenai open source.
Ketentuan Hukum Lainnya
Bagian ini meliputi kewajiban hukum para pihak. Bagian ini juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang bukan merupakan tanggung jawab kami. Berikut adalah perubahan penting yang dilakukan:

Tanggung Jawab kami. Kami telah melakukan perubahan terhadap pernyataan penyangkalan dan batasan tanggung jawab dalam Persyaratan.
Tentang Perjanjian ini
Bagian ini meliputi beberapa detail penting lainnya tentang kontrak kami, termasuk hal yang perlu diperhatikan jika kami perlu melakukan perubahan terhadap Persyaratan ini, atau undang-undang mana yang berlaku pada ketentuan tersebut. Berikut adalah perubahan penting yang dilakukan:

Modifikasi. Kami ingin memberi Anda kesempatan untuk meninjau pembaruan materi yang akan datang terhadap Persyaratan ini.
Masih ada pertanyaan?

Anda juga dapat menemukan detail lebih lanjut di Pusat Bantuan.

—–

Persyaratan Layanan
Tertanggal: 10 Desember 2019

Selamat datang di YouTube!
Pengantar
Terima kasih telah menggunakan platform dan produk YouTube, layanan dan fitur yang kami sediakan untuk Anda sebagai bagian dari platform (secara kolektif disebut “Layanan”).

Layanan Kami

Melalui Layanan ini, Anda dapat menemukan, menonton, dan membagikan video serta konten lainnya, menyediakan forum bagi orang-orang untuk saling terhubung, memberikan informasi, menginspirasi orang lain di seluruh dunia, serta bertindak sebagai platform distribusi bagi kreator konten orisinal dan pengiklan, baik yang besar maupun kecil. Kami menyediakan banyak informasi mengenai produk kami dan cara menggunakannya di Pusat Bantuan. Anda dapat menemukan informasi tentang YouTube Kids, Program Partner YouTube, serta Langganan Berbayar YouTube dan Pembelian (jika tersedia), dan informasi lainnya. Anda juga dapat membaca semua informasi mengenai cara menikmati konten di perangkat lain seperti televisi, konsol game, atau Google Home.

Penyedia Layanan Anda

Entitas yang menyediakan Layanan ini adalah Google LLC, yaitu perusahaan yang beroperasi berdasarkan hukum yang berlaku di Delaware, dan berlokasi di 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, California 94043 (disebut sebagai “YouTube” atau “kami”). Dalam ketentuan ini, rujukan pada “Afiliasi” YouTube berarti perusahaan lain dalam grup perusahaan Alphabet Inc. (saat ini atau di masa mendatang).

Ketentuan yang Berlaku
Penggunaan Layanan ini tunduk pada beberapa persyaratan berikut ini, yaitu Pedoman Komunitas serta Kebijakan, Keamanan, dan Hak Cipta YouTube yang dapat diperbarui dari waktu ke waktu (secara kolektif disebut “Perjanjian”). Perjanjian Anda dengan kami juga akan mencakup kepatuhan pada Kebijakan Periklanan di YouTube jika Anda menyediakan iklan atau sponsor pada Layanan atau menyertakan promosi berbayar dalam konten Anda. Link atau referensi lain yang disertakan dalam persyaratan ini hanya untuk keperluan informasi saja dan bukan bagian dari Perjanjian.

Harap baca dengan cermat Perjanjian ini dan pastikan Anda memahaminya. Jika Anda tidak memahami Perjanjian ini, atau tidak menyetujui salah satu bagian dari Perjanjian, Anda tidak dapat menggunakan Layanan.

Siapa yang dapat menggunakan Layanan ini?
Persyaratan Usia
Anda harus berusia minimal 13 tahun untuk menggunakan Layanan ini. Namun, anak-anak dari segala usia dapat menggunakan YouTube Kids (jika tersedia) jika diaktifkan oleh orang tua atau wali yang sah.

Izin oleh Orang Tua atau Wali

Jika Anda dianggap di bawah umur di negara Anda, Anda harus memiliki izin orang tua atau wali untuk menggunakan Layanan. Mintalah mereka membaca Persetujuan ini dengan Anda.

Jika Anda adalah orang tua atau wali yang sah dari anak di bawah umur di negara Anda, dengan mengizinkan anak Anda menggunakan Layanan, Anda tunduk pada ketentuan Perjanjian ini dan bertanggung jawab atas aktivitas anak Anda saat menggunakan Layanan. Anda dapat menemukan fitur dan referensi untuk membantu mengelola pengalaman keluarga Anda di YouTube di Pusat Bantuan kami dan melalui Family Link Google.

Bisnis
Jika Anda menggunakan Layanan atas nama perusahaan atau organisasi, Anda menyatakan bahwa Anda memiliki wewenang untuk bertindak atas nama entitas tersebut, dan entitas tersebut menyetujui Perjanjian ini.

Penggunaan Layanan
Konten pada Layanan
Konten pada Layanan mencakup video, audio (misalnya, musik dan suara lainnya), gambar, foto, teks (seperti komentar dan skrip), branding (termasuk nama dagang, merek dagang, tanda layanan, atau logo), fitur interaktif, software, metrik, dan materi lainnya baik yang diberikan oleh Anda, YouTube, atau pihak ketiga (secara kolektif disebut “Konten”).

Konten adalah tanggung jawab orang atau entitas yang menyediakannya pada Layanan. YouTube tidak berkewajiban untuk menghosting atau menayangkan Konten. Jika Anda melihat konten apa pun yang tidak mematuhi Perjanjian ini, termasuk melanggar Pedoman Komunitas atau hukum yang berlaku, Anda dapat melaporkannya kepada kami.

Akun Google dan Channel YouTube
Anda dapat menggunakan bagian dari Layanan, seperti menjelajahi dan menelusuri Konten, tanpa harus memiliki akun Google. Namun, Anda harus memiliki akun Google untuk dapat menggunakan beberapa fitur tertentu. Dengan memiliki akun Google, Anda dapat menyukai video, subscribe ke channel, membuat channel YouTube Anda sendiri, dan melakukan banyak hal lainnya. Anda dapat mengikuti petunjuk berikut untuk membuat akun Google.

Dengan membuat channel YouTube, Anda akan mendapatkan akses ke fitur dan fungsi tambahan seperti mengupload video, memberikan komentar, atau membuat playlist (jika tersedia). Berikut beberapa detail tentang cara membuat channel YouTube Anda sendiri.

Untuk melindungi akun Google Anda, jaga kerahasiaan sandi Anda. Anda tidak boleh menggunakan sandi yang sama dengan akun Google Anda di aplikasi pihak ketiga. Pelajari lebih lanjut cara menjaga keamanan akun Google Anda, termasuk hal yang perlu dilakukan jika Anda mengetahui adanya penyalahgunaan sandi atau akun Google Anda.

Informasi Anda
Kebijakan Privasi ini berisi penjelasan mengenai cara kami menangani data pribadi Anda dan melindungi privasi Anda ketika menggunakan Layanan. Pemberitahuan Privasi YouTube Kids berisi informasi tambahan mengenai praktik privasi kami yang bersifat khusus untuk YouTube Kids.

Kami akan memproses setiap konten audio atau audiovisual yang Anda upload ke Layanan sesuai dengan Persyaratan Pemrosesan Data YouTube, kecuali jika Anda mengupload konten tersebut untuk keperluan pribadi atau terkait aktivitas rumah tangga. Pelajari lebih lanjut.

Izin dan Batasan
Anda dapat mengakses dan menggunakan Layanan yang disediakan, selama Anda mematuhi Perjanjian dan hukum yang berlaku. Anda dapat melihat atau mendengarkan Konten untuk penggunaan pribadi dan bersifat non-komersial. Anda juga dapat menampilkan video YouTube melalui pemutar YouTube yang dapat disematkan.

Batasan berikut berlaku untuk penggunaan Layanan. Anda tidak diizinkan untuk:

mengakses, memperbanyak, mendownload, mendistribusikan, mengirimkan, menyiarkan, menampilkan, menjual, melisensikan, mengubah, memodifikasi, atau menggunakan bagian mana pun dari Layanan atau Konten apa pun kecuali: (a) sebagaimana diizinkan oleh Layanan; atau (b) dengan izin tertulis sebelumnya dari YouTube dan, jika berlaku, dari masing-masing pemegang hak;
mengakali, menonaktifkan, terlibat secara curang, atau mengganggu bagian mana pun dari Layanan (atau berusaha melakukan hal tersebut), termasuk fitur yang terkait dengan keamanan atau fitur yang dapat (a) mencegah atau membatasi penyalinan atau penggunaan Konten lainnya atau (b) membatasi penggunaan Layanan atau Konten;
mengakses Layanan menggunakan cara otomatis (seperti robot, botnet, atau scrapper) kecuali (a) dalam kasus mesin telusur publik, sesuai dengan file robots.txt YouTube; atau (b) dengan izin tertulis sebelumnya dari YouTube;
mengumpulkan atau mengambil informasi apa pun yang dapat mengidentifikasi seseorang (misalnya, nama pengguna), kecuali diizinkan oleh orang tersebut atau diizinkan dalam bagian (3) di atas;
menggunakan Layanan untuk mendistribusikan konten promosi atau komersial yang tidak diminta maupun permintaan massal atau permintaan yang tidak diinginkan lainnya;
menyebabkan atau mendorong terjadinya pengukuran yang tidak akurat atas interaksi pengguna yang sebenarnya dengan Layanan, termasuk dengan cara membayar orang atau memberi mereka insentif untuk meningkatkan jumlah penayangan, suka, atau tidak suka pada video, atau untuk meningkatkan jumlah subscriber channel, atau memanipulasi metrik dengan cara apa pun;
menyalahgunakan segala proses pelaporan, penandaan, keluhan, laporan penolakan, atau banding, termasuk dengan cara membuat pengiriman tanpa dasar, menyusahkan, atau sembrono;
menjalankan kontes dalam atau melalui Layanan yang tidak mematuhi kebijakan dan pedoman kontes YouTube;
menggunakan Layanan untuk melihat atau mendengarkan Konten selain untuk penggunaan pribadi dan non-komersial (misalnya, Anda tidak boleh menayangkan video secara publik atau melakukan streaming musik dari Layanan); atau
menggunakan Layanan untuk (a) menjual iklan, sponsor, atau promosi dalam bentuk apa pun yang ditampilkan pada, di sekitar, atau dalam Layanan atau Konten, selain dari yang diizinkan dalam kebijakan Beriklan di YouTube (seperti penempatan produk yang mematuhi kebijakan); atau (b) menjual iklan, sponsor, atau promosi di halaman situs atau aplikasi mana pun yang hanya berisi Konten dari Layanan atau menggunakan Konten dari Layanan sebagai bagian utama untuk melakukan penjualan (misalnya, menjual iklan di halaman web yang menggunakan video YouTube sebagai daya tarik utama agar pengguna mengunjungi halaman web tersebut).
Reservasi

Menggunakan Layanan tidak memberi Anda kepemilikan atau hak atas aspek apa pun dari Layanan, termasuk nama pengguna atau Konten lain yang diposting oleh orang lain atau YouTube.

Perubahan pada Layanan

YouTube terus mengubah dan menyempurnakan Layanan. Kami juga dapat harus mengubah atau menghentikan Layanan, atau bagian mana pun dari Layanan, guna meningkatkan kualitas performa atau keamanan, mengubah fungsi dan fitur, membuat perubahan sesuai dengan hukum yang berlaku, atau mencegah aktivitas ilegal atau penyalahgunaan pada sistem kami. Perubahan ini dapat memberi pengaruh kepada semua pengguna, beberapa pengguna, atau bahkan pengguna perorangan. Jika memungkinkan, kami akan memberikan pemberitahuan ketika kami menghentikan atau membuat perubahan materi pada Layanan yang akan berdampak negatif terhadap penggunaan Layanan kami. Namun, Anda paham dan setuju bahwa akan ada saatnya kami membuat perubahan tersebut tanpa memberikan pemberitahuan, seperti ketika kami merasa perlu mengambil tindakan untuk meningkatkan kualitas keamanan dan operasional Layanan kami, mencegah penyalahgunaan, atau mematuhi persyaratan hukum.

Konten dan Perilaku Anda
Mengupload Konten

Jika Anda memiliki channel YouTube, Anda mungkin dapat mengupload Konten ke Layanan. Anda dapat menggunakan Konten Anda untuk mempromosikan bisnis atau proyek kreatif Anda. Jika Anda memilih untuk mengupload Konten, Konten yang Anda kirimkan ke Layanan harus mematuhi Perjanjian ini (termasuk Pedoman Komunitas YouTube) atau hukum yang berlaku. Misalnya, Konten yang Anda kirimkan tidak boleh menyertakan kekayaan intelektual milik pihak ketiga (seperti materi yang dilindungi hak cipta) kecuali jika Anda memiliki izin dari pihak tersebut atau berhak melakukannya secara hukum. Anda bertanggung jawab secara hukum atas Konten yang Anda kirimkan ke Layanan. Kami dapat menggunakan sistem otomatis yang menganalisis Konten Anda untuk membantu mendeteksi pelanggaran dan penyalahgunaan, seperti spam, malware, dan konten ilegal.

Hak yang Anda Berikan

Anda dapat mempertahankan hak kepemilikan Konten Anda. Namun, kami mengharuskan Anda untuk memberikan hak tertentu kepada YouTube dan pengguna lain Layanan, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Lisensi untuk YouTube

Dengan memberikan Konten ke Layanan, Anda memberikan lisensi yang berlaku di seluruh dunia, bersifat tidak eksklusif, bebas royalti, dapat disublisensikan, dan dapat dialihkan kepada YouTube untuk menggunakan Konten tersebut (termasuk untuk memperbanyak, mendistribusikan, menyiapkan karya turunan, menampilkan, dan mempertunjukkannya) terkait Layanan dan bisnis YouTube (serta penerus dan Afiliasinya), termasuk untuk tujuan mempromosikan dan mendistribusikan ulang sebagian atau seluruh Layanan.

Lisensi untuk Pengguna Lainnya

Anda juga memberikan lisensi yang berlaku di seluruh dunia, bersifat tidak eksklusif, bebas royalti kepada masing-masing pengguna lainnya dari Layanan untuk mengakses Konten Anda melalui Layanan, dan untuk menggunakan Konten tersebut, termasuk untuk memperbanyak, mendistribusikan, menyiapkan karya turunan, menampilkan, dan menjalankannya, hanya jika diaktifkan oleh fitur Layanan (seperti pemutaran atau penyematan video). Agar lebih jelas, lisensi ini tidak memberikan hak atau izin apa pun bagi pengguna untuk menggunakan Konten Anda secara terpisah dari Layanan.

Durasi Lisensi

Lisensi yang Anda berikan akan berlaku selama jangka waktu yang wajar secara komersial setelah Anda membuang atau menghapus Konten dari Layanan. Namun, Anda paham dan setuju bahwa YouTube dapat menyimpan, tetapi tidak akan menampilkan, mendistribusikan, atau mempertunjukkan, salinan server video Anda yang telah dibuang atau dihapus.

Menghapus Konten Anda

Anda dapat menghapus konten Anda dari Layanan kapan saja. Anda juga memiliki opsi untuk membuat salinan Konten Anda sebelum menghapusnya. Anda harus menghapus Konten jika Anda tidak lagi memiliki hak yang diwajibkan oleh ketentuan ini.

Penghapusan Konten oleh YouTube

Jika kami merasa ada Konten apa pun yang melanggar Perjanjian ini atau dapat membahayakan YouTube, pengguna kami, atau pihak ketiga, kami dapat menghapus Konten tersebut sesuai dengan kebijaksanaan kami. Kami akan memberi tahu Anda alasan tindakan kami kecuali jika kami merasa hal tersebut: (a) akan melanggar hukum atau arahan otoritas penegak hukum atau jika tidak dilakukan akan menimbulkan risiko kewajiban hukum bagi YouTube atau Afiliasi kami; (b) akan membahayakan penyelidikan atau integritas atau operasi Layanan; atau (c) akan membahayakan setiap pengguna, pihak ketiga lainnya, YouTube, atau Afiliasi kami. Anda dapat mempelajari lebih lanjut cara menyampaikan pelaporan dan penegakan tersebut, termasuk cara mengajukan banding di halaman Pemecahan Masalah di Pusat Bantuan kami.

Perlindungan Hak Cipta

Kami memberikan informasi untuk membantu pemegang hak cipta mengelola kekayaan intelektualnya secara online di Pusat Hak Cipta YouTube kami. Jika Anda yakin bahwa hak cipta Anda di Layanan telah dilanggar, kirimkan pemberitahuan kepada kami.

Kami akan menanggapi pemberitahuan mengenai dugaan pelanggaran hak cipta sesuai dengan proses yang ditetapkan dalam Pusat Hak Cipta YouTube, yang juga memberikan informasi tentang cara mengatasi teguran hak cipta. Kebijakan YouTube memberlakukan penghentian akses untuk menggunakan Layanan dalam keadaan yang sesuai bagi pengguna yang melakukan pelanggaran berulang.

Penangguhan dan Pengakhiran Akun
Pengakhiran oleh Anda
Anda dapat berhenti menggunakan Layanan kapan saja. Ikuti petunjuk ini untuk menghapus Layanan dari Akun Google Anda, yang mencakup penutupan channel YouTube Anda dan penghapusan data Anda. Anda juga dapat mendowload salinan data Anda terlebih dahulu.

Pengakhiran dan Penangguhan oleh YouTube karena Alasan Hukum

YouTube dapat menangguhkan atau mengakhiri akses Anda, akun Google Anda, atau akses akun Google Anda ke semua atau sebagian Layanan jika (a) Anda benar-benar atau berulang kali melanggar Perjanjian ini; (b) kami diminta melakukannya untuk mematuhi persyaratan hukum atau perintah pengadilan; atau (c) kami yakin ada perilaku yang menimbulkan (atau dapat menimbulkan) kewajiban untuk atau dapat membahayakan setiap pengguna, pihak ketiga lainnya, YouTube, atau Afiliasi kami.

Pengakhiran oleh YouTube karena Perubahan Layanan

YouTube dapat mengakhiri akses Anda, atau akses akun Google Anda ke semua atau sebagian Layanan jika YouTube meyakini, atas kebijaksanaannya sendiri, bahwa penyediaan Layanan kepada Anda sudah tidak layak secara komersial.

Pemberitahuan untuk Pengakhiran atau Penangguhan

Kami akan memberi tahu Anda alasan pengakhiran atau penangguhan oleh YouTube kecuali jika kami merasa hal tersebut: (a) akan melanggar hukum atau arahan otoritas penegak hukum, atau jika tidak dilakukan akan menimbulkan risiko kewajiban hukum bagi YouTube atau Afiliasi kami; (b) akan membahayakan penyelidikan atau integritas atau operasi Layanan; atau (c) akan membahayakan setiap pengguna, pihak ketiga lainnya, YouTube, atau Afiliasi kami. Jika YouTube menghentikan akses Anda karena perubahan Layanan, jika memungkinkan, Anda akan diberikan waktu yang cukup untuk mengekspor Konten Anda dari Layanan.

Akibat Penangguhan atau Pengakhiran Akun

Jika akun Google Anda diakhiri atau akses akun Google Anda ke Layanan dibatasi, Anda dapat terus menggunakan aspek tertentu dari Layanan (seperti hanya melihat) tanpa harus memiliki akun, dan Perjanjian ini akan terus berlaku untuk penggunaan tersebut. Jika Anda yakin bahwa akun Anda telah diakhiri karena kesalahan, Anda dapat mengajukan banding menggunakan formulir ini.

Tentang Software dalam Layanan
Software yang Dapat Didownload
Jika Layanan memerlukan atau menyertakan software yang dapat didownload (seperti aplikasi YouTube Studio), Anda mengizinkan software tersebut untuk diupdate secara otomatis di perangkat Anda setelah versi atau fitur baru tersedia, sesuai dengan setelan perangkat Anda. Kecuali jika software tersebut diatur oleh ketentuan tambahan yang memberikan lisensi, YouTube memberikan lisensi yang bersifat pribadi, global, bebas royalti, tidak dapat dialihkan, dan tidak esklusif kepada Anda untuk menggunakan software yang disediakan oleh YouTube sebagai bagian dari Layanan. Lisensi ini diberikan hanya dengan tujuan agar Anda dapat menggunakan dan menikmati manfaat Layanan yang disediakan oleh YouTube dengan cara yang diizinkan berdasarkan Perjanjian ini. Anda tidak diizinkan untuk menyalin, mengubah, mendistribusikan, menjual, atau menyewakan setiap bagian software tersebut, atau untuk merekayasa balik atau berupaya mengekstrak kode sumber dari software tersebut, kecuali jika hukum melarang adanya pembatasan ini atau jika Anda mendapatkan izin tertulis dari YouTube.

Open Source
Beberapa software yang digunakan dalam Layanan kami dapat ditawarkan berdasarkan lisensi open source yang akan kami sediakan kepada Anda. Dapat terdapat ketentuan dalam lisensi open source yang secara tegas akan mengganti sebagian persyaratan ini. Jadi, pastikan untuk membaca lisensi tersebut.

Ketentuan Hukum Lainnya
Pernyataan Sangkalan Jaminan
SELAIN SEPERTI YANG DINYATAKAN SECARA TEGAS DALAM PERJANJIAN INI ATAU SEPERTI YANG DIWAJIBKAN OLEH HUKUM, LAYANAN INI DISEDIAKAN “APA ADANYA” DAN YOUTUBE TIDAK MEMBUAT KOMITMEN ATAU JAMINAN KHUSUS APA PUN TERKAIT LAYANAN. MISALNYA, KAMI TIDAK MEMBUAT JAMINAN APA PUN TENTANG: (A) KONTEN YANG DIBERIKAN MELALUI LAYANAN; (B) FITUR TERTENTU DARI LAYANAN, ATAU KEAKURATAN, KEANDALAN, KETERSEDIAAN, ATAU KEMAMPUANNYA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN ANDA; ATAU (C) BAHWA SETIAP KONTEN YANG ANDA KIRIMKAN AKAN DAPAT DIAKSES DALAM LAYANAN.

Batasan Tanggung Jawab

KECUALI DIWAJIBKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, YOUTUBE, AFILIASI, PETUGAS, DIREKTUR, KARYAWAN, DAN AGENNYA TIDAK AKAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS HILANGNYA KEUNTUNGAN, PENDAPATAN, PELUANG BISNIS, REPUTASI, ATAU SIMPANAN YANG DIANTISIPASI; KEHILANGAN ATAU ERROR DATA; KERUGIAN TIDAK LANGSUNG ATAU YANG BERSIFAT SEBAGAI AKIBAT; GANTI RUGI PENGHUKUMAN YANG DISEBABKAN OLEH:

ERROR, KESALAHAN, ATAU KETIDAKAKURATAN PADA LAYANAN;
CEDERA DIRI ATAU KERUSAKAN PROPERTI YANG DISEBABKAN OLEH PENGGUNAAN LAYANAN OLEH ANDA;
AKSES ATAU PENGGUNAAN LAYANAN TANPA IZIN;
GANGGUAN ATAU PENGHENTIAN LAYANAN;
VIRUS ATAU KODE BERBAHAYA YANG DIKIRIM KE ATAU MELALUI LAYANAN OLEH PIHAK KETIGA;
KONTEN APA PUN YANG DIKIRIM OLEH PENGGUNA ATAU YOUTUBE, TERMASUK PENGGUNAAN KONTEN ANDA; DAN/ATAU
PENGHAPUSAN ATAU KETIDAKTERSEDIAAN KONTEN APA PUN.
KETENTUAN INI BERLAKU UNTUK KLAIM APA PUN, TERLEPAS DARI KLAIM YANG DITEGASKAN DIDASARKAN PADA JAMINAN, KONTRAK, WANPRESTASI, ATAU TEORI HUKUM LAINNYA.

SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, SELURUH TANGGUNG JAWAB YOUTUBE DAN AFILIASINYA ATAS SEMUA KLAIM YANG MUNCUL DARI ATAU TERKAIT DENGAN LAYANAN DIBATASI UNTUK JUMLAH YANG LEBIH BESAR DARI: (A) JUMLAH PENDAPATAN YANG DIBAYARKAN YOUTUBE KEPADA ANDA ATAS PENGGUNAAN LAYANAN DALAM 12 BULAN SEBELUM TANGGAL PEMBERITAHUAN ANDA, SECARA TERTULIS KEPADA YOUTUBE, DARI KLAIM DAN (B) USD $500.

Perlindungan terhadap Kerugian

Sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, Anda setuju untuk membela, melindungi, dan membebaskan YouTube, Afiliasi, petugas, direktur, karyawan, dan agennya, dari dan terhadap semua klaim, kerusakan, kewajiban, kerugian, tanggung jawab, biaya atau utang, dan pengeluaran (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya pengacara) yang muncul akibat: (i) penggunaan dan akses Anda ke Layanan; (ii) pelanggaran Anda terhadap ketentuan apa pun dari Perjanjian ini; (iii) pelanggaran Anda terhadap hak pihak ketiga mana pun, termasuk tanpa dibatasi pada hak cipta, properti, atau hak privasi; atau (iv) klaim apa pun bahwa Konten Anda menyebabkan kerugian bagi pihak ketiga. Kewajiban pembelaan dan perlindungan terhadap kerugian ini akan berlaku bersama dengan Perjanjian dan penggunaan Layanan.

Link Pihak Ketiga
Layanan dapat berisi link ke situs dan layanan online pihak ketiga yang tidak dimiliki atau dikontrol oleh YouTube. YouTube tidak memiliki kontrol atas, dan tidak bertanggung jawab atas, situs dan layanan online tersebut. Perlu diketahui bahwa jika Anda meninggalkan Layanan; sebaiknya baca ketentuan dan kebijakan privasi masing-masing situs dan layanan online pihak ketiga yang Anda kunjungi.

Tentang Perjanjian ini
Mengubah Perjanjian ini
Kami dapat mengubah Perjanjian ini, misalnya, untuk menerapkan perubahan pada Layanan atau untuk tujuan hukum, peraturan, atau keamanan. YouTube akan memberikan pemberitahuan wajar di awal terkait segala perubahan penting pada Perjanjian ini dan kesempatan untuk meninjaunya kecuali bahwa, jika diizinkan secara hukum, perubahan yang membahas fitur Layanan yang baru tersedia atau perubahan yang dibuat untuk alasan hukum dapat segera berlaku tanpa adanya pemberitahuan. Perubahan pada Perjanjian ini akan terus diberlakukan. Jika Anda tidak menyetujui ketentuan yang telah diubah, Anda harus menghapus Konten apa pun yang telah diupload dan menghentikan penggunaan Anda atas Layanan.

Kelanjutan Perjanjian ini
Jika penggunaan Anda atas Layanan berakhir, ketentuan Perjanjian berikut akan terus berlaku untuk Anda: “Ketentuan Hukum Lainnya”, “Tentang Perjanjian Ini”, dan lisensi yang Anda berikan akan terus berlaku seperti yang dijelaskan di bagian “Durasi Lisensi”.

Keterpisahan
Jika ternyata ketentuan tertentu dari Perjanjian ini tidak dapat diberlakukan atas alasan apa pun, hal ini tidak akan memengaruhi ketentuan lainnya.

Tidak Ada Pengesampingan Hak
Jika Anda gagal mematuhi Perjanjian ini dan kami tidak segera mengambil tindakan, hal ini bukan berarti bahwa kami melepaskan hak yang mungkin kami miliki (seperti hak untuk mengambil tindakan di masa mendatang).

Interpretasi

Dalam ketentuan ini, “termasuk” atau “yang termasuk” berarti “termasuk tetapi tidak terbatas pada,” dan setiap contoh yang kami berikan adalah untuk tujuan ilustrasi.

Hukum yang Mengatur
Semua klaim yang muncul sebagai akibat dari atau terkait dengan ketentuan ini atau Layanan akan diatur oleh hukum yang berlaku di California, kecuali peraturan pertentangan hukum California, dan akan diajukan secara eksklusif di pengadilan federal atau negara bagian Santa Clara County, California, Amerika Serikat. Anda dan YouTube menyetujui wilayah hukum pribadi di pengadilan tersebut.

Berlaku mulai tanggal 10 Desember 2019 (lihat versi sebelumnya)

 

(mar/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds