Categories: Bekasi

Bentuk Pendidikan yang Unggul, Pemkab Bekasi Canangkan Pendidikan Berkarakter

POJOKJABAR.com, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pendidikan mencanangkan pendidikan berkarakter, di Gedung Wibawa Mukti, Komplek Pemkab Bekasi, Rabu (23/10/2019).

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja yang hadir pada kegiatan tersebut berharap pendidikan berkarakter dapat membentuk pendidikan yang unggul menuju Bekasi Baru Bekasi Bersih.

“Tentunya ini semua berkat guru-guru yang luar biasa. Saya juga mengapresiasi kepada guru atau pendidik yang ada di Kabupaten Bekasi atas dedikasinya, semangatnya untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Bekasi,” katanya.

Untuk melengkapi upaya membentuk pendidikan karakter di Kabupaten Bekasi, pemerintah daerah membuat Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 45 tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Kabupaten Bekasi.

“Berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka membentuk karakter anak didik sesuai dengan yang diharapkan. Semuanya, harus kita perbaiki. Urusan pendidikan, kesehatan, infratruktur, ketenagakerjaan, serta ekonomi kreatif. Disdik sudah melakukan inovasi,” ujarnya.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam pendidikan karakter. Pada setiap harinya proses belajar mengajar dilaksanakan mengikuti hari tematik yang sudah diprogramkan.

“Dengan hal ini diharapkan dapat mengembangkan karakter untuk anak kita. Kebijakan lain adalah membawa makan dan minuman dari rumah. Ini sudah kita terapkan. Dengan itu, kita juga dapat mengurangi sampah yang selama ini jadi masalah,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Carwinda mengatakan, pendidikan harus sejalan dengan seluruh elemen guru dan orangtua di rumah. Nantinya akan ada penilaian yang dilakukan sesuai dengan nilai pembangunan karakter.

“Guru itu kan harus digugu dan ditiru. Artinya tidak hanya anak harus mengikuti perintah yang diberikan. Orangtua juga harus mendukung ini. Kita memberikan life skill,” katanya.

(enr/pojokjabar)

Riko

Recent Posts

  • Bandung

Ridwan Kamil Akan Bentuk Badan Khusus Sungai Citarum

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan membentuk badan khusus Sungai Citarum dan Kawasan Bandung Utara (KBU) awal tahun 2020 ini

8 Desember 2019 11:38 WIB 11:38
  • Bogor

Sudah 28 Ekor Ular Kobra Diamankan di Susukan Bojonggede

28 ekor anak kobra diamankan warga dan petugas dari RT 02/06, Desa Susukan, Bojonggede, Bogor. 2 ekor ditangkap di musholla…

8 Desember 2019 10:16 WIB 10:16
  • Pantura

Pamit dari Persika, Gabryel Siap Akuisisi Klub Baru di Karawang

Setelah resmi mengundurkan diri sebagai CEO Persika Karawang, Gabryel Alexander berencana me-launching klub baru berkandang di Kabupaten Karawang.

8 Desember 2019 10:01 WIB 10:01
  • Bogor

Ular Kobra Berkeliaran di Perumahan di Susukan, Satu Ditangkap di Musholla

Ular kobra berkeliaran di perumahan di RT 02/06, Desa Susukan, Bojonggede, Kabupaten Bogor. 1 ekor anak ular kobra ditangkap di…

8 Desember 2019 09:34 WIB 09:34
  • Bandung

Mantan Istri Sule Jatuh Sakit, 4 Anak Sule Pulang Kampung ke Bandung

Mantan istri Sule, Lina, dikabarkan tengah jatuh sakit. Anak- anak Sule pun pulang kampung ke Bandung menjenguk ibu mereka, termasuk…

8 Desember 2019 08:03 WIB 08:03
  • Cirebon

Pengunjung Mall Kaget Banyak Prajurit TNI AL dan Kendaraan Tempur di Kawasan GCM

Pengunjung Grage Mall City (GCM) kaget melihat alat utama sistem persenjataan (Alutsista) milik TNI AL, berada diarea parkir hingga dalam…

8 Desember 2019 07:43 WIB 07:43