Antisipasi Banjir, Enam Polsek di Kabupaten Bekasi Latihan SAR

ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIKARANG UTARA – Enam Polsek yang berada di wilayah hukum Polresta Bekasi melakukan latihan Search and Rescue (SAR) di Sungai Kalimalang, Desa Mangunharja, Cikarang Utara, Kamis (18/2). Enam polsek tersebut di antaranya Cikarang Pusat, Cikarang Utara, Cikarang Barat, Kedungwaringin, dan Tambun.

Koordinator Instruktur SAR Polresta Bekasi, Kompol Heru Purnomo, mengatakan pelatihan SAR sebagai bentuk antisipasi dan persiapan dalam menghadapi bencana banjir. Karena saat ini beberapa kecamatan masih rawan terjadi banjir.

Beberapa kecamatan yang dianggap rawan terjadi banjir saat ini yaitu, Kedungwaringin, Pebayuran, Cikarang Pusat, Muaragembong, dan Cabangbungin. Kecamatan ini menjadi rawan karena lokasinya dilalui sungai besar.

“Potensi banjirnya saat ini memang belum muncul akan tetapi lebih baik sedia payung sebelum hujan,” katanya.


“Latihan ini (SAR) kita kerja sama dengan pemda, kodim dan yang termasuk dalam tiga pilar. Sebab nanti jika terjadi bencana banjir tim ini yang akan terjun,” lanjutnya.

Latihan SAR tidak hanya dilakukan oleh enam polsek, atau wilayah yang berpotensi banjir. Tetapi kata Heru, latihan tersebut juga bakal dilakukan oleh seluruh polsek secara bergantian hingga Sabtu (20/2) besok.

“Kabupaten Bekasi menjadi langganan banjir setiap tahunnya dan kita harus sigap serta terlatih melakukan SAR ini. Kita uji tim ini di sungai dengan aliran air deras,” pungkasnya. (dho)