Disbimarta Bekasi Tak Punya Anggaran Perbaiki Drainase

Ilustrasi-dana
Ilustrasi Dana.

POJOKJABAR.com, BEKASI – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, dalam hal ini Dinas Binamarga dan Tata Air (Disbimata) Kota Bekasi, mengaku tidak punya anggaran untuk memperbaiki saluran air (drainase) yang mengakibatkan permukiman warga Telukpucung tergenang air sudah lebih dari dua tahun.

Kepala Disbimata Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan, meski tidak ada anggaran untuk perbaikan drainase di wilayah tersebut, namun pihaknya berupaya untuk melakukan pengerukan sampah, serta normalisasi jembatan yang ada di kali irigasi tersebut.

“Kami sudah lakukan pengerukan sampah, dan normalisasi. Memang hasilnya belum maksimal, tapi sudah ada upaya untuk mengatasi genangan air saat darurat,” ujar Tri.

Ia beralasan, mampetnya drainase di Telukpucung itu akibat bangunan rumah warga yang berada di atas kali yang merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS). Sehingga membuat aliran kali menjadi menyempit.


“Jadi, dengan adanya penyempitan kali berdampak pada luapan air ke permukiman warga,” terangnya.

Namun kata Tri, akan ada rencana pembongkaran bangunan oleh dinas terkait di atas kali yang merupakan tanah milik negara.

“Memang saat ini belum ada anggarannya, tapi nanti kalau sudah ada, maka akan dilakukan sosialisasi terkait pembongkaran, dan perbaikan kali. Kami sedang proses pembuatan Detail Engenering Desaign (DED) untuk pembangunan saluran,” tandasnya. (and)