Pemilih di Pilkada Wajib Miliki E-KTP

perekaman E-KTP
Ilustrasi e-KTP

POJOKJABAR.com, CIKARANG PUSAT – KPU Kabupaten Bekasi menegaskan kalau masyarakat yang tergolong pemilih di Pilkada 2017 mendatang harus menggunakan e-KTP. Penggunaan identitas elektronik itu berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015.

“Bahwa apabila pemilih tidak terdaftar dalam daftar pemilih dan ingin memberikan suaranya pada hari H maka harus dapat memperlihatkan KTP elektronik atau identitas kependudukan lainnya yang diakui Undang-Undang,” kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Kholik.

“Kami prinsipnya mengikuti pemerintah, dan undang-undang pemilu bunyinya demikian kalau tidak salah di pasal 57,” tambahnya.

Idham mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi soal jumlah penduduk. Namun hingga saat ini, pihak KPU belum mendapatkan data keseluruhannya.


“Kalau sampai hari ini informasi yang kami dapat yang berhasil direkam itu baru 1,7 juta jiwa,” ucapnya.

“Kami berharap besar bahwa Disdukcapil dapat meningkatkan kinerjanya menjadi lebih maksimal. Karena, apalagi waktunya sudah semakin mendekat yaitu penyerahan data pemilih itu sekitar di akhir bulan Mei atau di awal bulan Juni,” sambungnya. (neo)