KPA Kabupaten Bekasi Kampanyekan Kondom dan Bahaya HIV/AIDS

MERIAH: Suasana acara kampanye bahaya HIV/AIDS yang dihelat oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bekasi beberapa waktu lalu.FOTO: AMARULLOH/RADAR BEKASI

POJOKJABAR.com, CIBITUNG – Pekerja Seks Komersial (PSK) komplek lokalisasi Tenda Biru di Kecamatan Cibitung dinilai paling aktif dalam kegiatan kampanye kondom beberapa waktu lalu. Bahkan, kampanye tersebut menjadi momen yang ditunggu mereka.

Pengelola Program KPA Kabupaten Bekasi, Ade Bawono menjelaskan, kegiatan yang digelar di tempat lokalisasi karena memiliki potensi bahaya penyebaran HIV/AIDS yang cukup tinggi.

“Kemasan kampanye kali ini edutainment jadi memang Alhamdulillah responnya baik, paling tidak mereka bisa cepat mengerti tentang bahaya HIV/AIDS ini. Dengan metode baru yang kita sampaikan terutama soal penggunaan kondom yang selama ini kerap keliru,” terangnya.

Selain kampanye bahaya HIV/AIDS, KPA juga membuka layanan kesehatan gratis kepada pengunjung yang di dominasi oleh PSK. Dari target 100 pemeriksaan Voluntary Counseling and Test (VCT), pemeriksaan yang dilakukan pihak KPA mencapai 166 orang.


Antusias masyarakat setempat juga dinilai baik dengan mengikuti kegiatan kampanye yang dikemas dengan edutainment. Mereka beramai-ramai hadir tanpa malu-malu sambil mengikuti irama musik yang disiapkan pihak KPA.

Dalam kampanye tersebut, KPA bekerjasama dengan pihak puskesmas dengan melibatkan delapan tim dokter yang membantu pemeriksaan VCT.

Ade menambahkan, kasus HIV/AIDS di Kabupaten Bekasi cukup memprihatinkan hingga mencapai urutan paling rawan keenam se-Jawa Barat. Dengan demikian, upaya pencegahan dengan kampanye  akan terus digelar di sejumlah titik rawan berisiko.

“Saya berharap ke depan kampanye akan terus digelar di tempat lain, terutama di tempat-tenpat berisiko seperti pasar dan terminal, sehingga upaya penyebaran bisa ditekan lebih maksimal,” pungkasnya. (mar)