Apdesi Desak Kades Ikut Pilkada

pilkada
ilustrasi

POJOKJABAR.com, TAMBUN SELATAN – Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bekasi menginginkan ada anggotanya yang maju di Pilkada 2017. Bakal calon kepala daerah dari Kepala Desa (Kades) mengemban tugas di antaranya meningkatkan kesejahteraan desa jika terpilih.

Sekretaris Apdesi Kabupaten Bekasi, Jaut Sarjawinata, membenarkan kalau asosiasinya menginginkan ada kepala desa yang ikut pemilihan kepala daerah. Ia tak ingin aparatur desa hanya sekedar jadi penonton ketika Kabupaten Bekasi menggelar hajat demokrasi.

“Jadi kades jangan hanya menonton saja tetapi bisa maju dan memeriahkan di Pilkada Kabupaten Bekasi,” katanya.

Jaut yakin jika background kepala daerah dari kepala desa bisa meningkatkan kesejahteraan desa ke depannya. Alasannya, kata dia, kepala desa selalu berkomunikasi dan ‘bersentuhan’ langsung dengan masyarakat sehingga memahami kebutuhan dan persoalan yang ada.


Disinggung soal kepala desa mana yang akan didorong di Pilkada 2017, Jaut tak menjawab. Bahkan ia tak mengiyakan ketika ditanya soal rencana ketua Apdesi Kabupaten Bekasi yang ingin maju di pilkada.

“Yang penting punya komitmen untuk memajukan desa ke depannya,” ujarnya.

Soal dukungan, Jaut seolah tak mengkhawatirkannya. Karena kata dia, kepala desa yang maju di pilkada akan didukung oleh kepala desa lainnya yang tergabung dalam Apdesi.

“Memang tidak ada paksaan untuk milih siapa tapi kan hak politik bagi kepala desa itu ada, makanya gunakan sebaik-baiknya,” ungkapnya. (dho)