Wow… DPPJU Kota Bekasi Diguyur Rp4,4 Miliar untuk Program Seribu Taman

PENGHIJAUAN: Pemerintah Kota Bekasi gencar menggalakan program penghijauan. Di tahun ini, pemerintah daerah mengalokasikan anggaran Rp4,4 miliar untuk merealisasikan Program Seribu Taman. FOTO:ARIESANT/RADAR BEKASI

POJOKJABAR.com, BEKASI – Dinas Pertamanan Pemakaman dan Penerangan Jalan Umum (DPPPJU) Kota Bekasi ‘diguyur’ anggaran Rp4,4 miliar untuk menjalankan Program Seribu Taman di tahun ini. Pembangunan taman akan diprioritaskan di kelurahan serta kecamatan.

“Rencananya ada enam kecamatan, di antaranya di Bekasi Selatan, Medansatria, Rawalumbu, Jatisampurna, Mustikajaya, dan Pondokmelati,” kata Kepala DPPPJU Kota Bekasi, Karto.

Sedangkan untuk kelurahan, sambung Karto, tidak seluruhnya bakal menjadi bagian dari program tersebut. Kata dia, hanya ada 12 kelurahan yang dipersiapkan untuk Program Seribu Taman.

“Jadi dari Rp4,4 miliar anggaran akan dibagi dua, yakni untuk kecamatan Rp2,2 miliar, dan untuk kelurahan Rp2,2 miliar,” ujarnya.


Kasi Ekbang Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Maria Salestos, mengatakan kalau kelurahannya menjadi salah satu dari 12 kelurahan yang masuk dalam program tersebut. Pihaknya sudah melakukan pendataan serta menyiapkan fasos fasum untuk dijadikan taman.

“Kita sudah data ada 13 taman yang akan dibangun, dan nantinya sepengetahuan kita ada Rp80 juta dianggarakan untuk satu taman,” jelasnya.

Terpisah, Anggota Komisi B DPRD Kota Bekasi, Tumpak Sidabutar, mengatakan Program Seribu Taman seharusnya bisa cepat dilakukan. Karena pengesahan anggaran sudah dilakukan tepat waktu.

“Program seribu taman ini sudah diusung sejak tahun lalu, tentunya masyarakat menunggu fasilitas publik yang indah. Kita harap program taman ini bisa terealisasi, karena perlu diketahui dengan adanya seribu taman dapat menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang baru sekitar 14,3 persen dari 21.040 hektar luas Kota Bekasi,” pungkasnya. (and)